Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Bankruptcy law

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : 1, 2, 3  Next
AuthorMessage
amrozi
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-08-03

PostSubject: Bankruptcy law    Tue Aug 03, 2010 10:58 pm

Apapun tentang Kepailatan dan PKPU bahas di mari.... afro
Back to top Go down
View user profile
kucingbakar
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 426
Join date : 2010-05-02
Location : hunting

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Wed Aug 04, 2010 12:25 am

kalo dalam kredit sindikasi, apakah semua kreditor bisa mengajukan permohonan?
trus, itungannya ntu 1 utang banyak kreditor apa banyak utang banyak kreditur??
pig pig
Back to top Go down
View user profile
FBI
Senior Legal Assistant


Posts : 180
Join date : 2010-05-05
Age : 32
Location : Jakarta

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Wed Aug 04, 2010 3:00 am

kucingbakar wrote:
kalo dalam kredit sindikasi, apakah semua kreditor bisa mengajukan permohonan?
trus, itungannya ntu 1 utang banyak kreditor apa banyak utang banyak kreditur??
pig pig

permohonan apa dulu nich ??

yg setau g kredit sindikasi itu ... 1 utang dengan banyak kreditor ...

CMIIIW
Back to top Go down
View user profile http://lawyers.forumotion.net
kucingbakar
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 426
Join date : 2010-05-02
Location : hunting

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Fri Aug 06, 2010 12:26 am

permohonan pailit lah gan,,sesuai threadnya..
jadi, siapapun kreditur boleh mengajukan permohonan ya, tanpa melihat besaran kredit kan ya.. pirat
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Fri Aug 06, 2010 1:59 am

prosedur pk dalam kepailitan itu ngikutin pasal 14 atau 295 sih?
Back to top Go down
View user profile
shittylawyerfuck
Senior Legal Assistant


Posts : 242
Join date : 2010-05-11

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Fri Aug 06, 2010 2:50 am

yapthiamhien wrote:
prosedur pk dalam kepailitan itu ngikutin pasal 14 atau 295 sih?

dua-duanya applicable kok yap, karena ga saling berbenturan satu sama lain, yang satu ngatur formilnya (pasal 14, karena dia ngatur masalah timeline dgn ngerefer ke pasal 12-13), satu lagi ngatur materiil (pasal 295, ngatur soal novum dan kekeliruan nyata)
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Fri Aug 06, 2010 6:26 am

Di 14: ma periksa max 60 hari. Memori dan kontra dipool pn, baru kirim ke ma. Putusan ke pn, baru pihak.

Di 295: ma periksa max 30 hari. Memori dan kontra dikirim terpisah, memori duluan. Putusan dikirim langsung dr ma.

Dari segi timeframe, kata gw sih signifikan banget bedanya. Apa gw salah baca? Mohon koreksinya bos....
Back to top Go down
View user profile
amrozi
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-08-03

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Sat Aug 07, 2010 1:27 pm

yapthiamhien wrote:
Di 14: ma periksa max 60 hari. Memori dan kontra dipool pn, baru kirim ke ma. Putusan ke pn, baru pihak.

Di 295: ma periksa max 30 hari. Memori dan kontra dikirim terpisah, memori duluan. Putusan dikirim langsung dr ma.

Dari segi timeframe, kata gw sih signifikan banget bedanya. Apa gw salah baca? Mohon koreksinya bos....

Pemeriksaan di Pengadilan harus sudah putus paling lambat dalam jangka waktu,,,,

60 hari di tingkat PN

60 hari di tingkat kasasi

30 hari tingkat PK

untuk pengajuan PK dgn alasan kesalahan penerapan hukum max 30 hri sejak tanggal putusan diucapkan, sedangkan PK dgn alasan novum baru max 180 hr sejak tanggal putusan,,,

20 hari untuk putusan pkpu semntara yg diajukan kreditur

(jangka waktu pkpu semntara max 45 hari,kmudian diputuskan dalam sidang permusyawaratn hakim(sidang homologasi) apakah rencana perdamaian diterima atau tidak, apabila tidak demi hukum debitor dinyatakan insolvensi dan tidak dapat diajuakn rencana perdamaian lagi..bila rencana perdamaian diterima maka dapat berupa debitor dan kreditor berdamai yang berlaku lima tahun sejak tanggal putusan homologasi (perdamaian) diucapkan atau perpanjangan masa PKPU tetap max 270 hri yg dilkukan utk mnyiapkan perdamain antara kreditor &debitor)












Last edited by amrozi on Sat Aug 07, 2010 1:32 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
View user profile
amrozi
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-08-03

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Sat Aug 07, 2010 1:31 pm

yapthiamhien wrote:
prosedur pk dalam kepailitan itu ngikutin pasal 14 atau 295 sih?


ke pasal 295 sampai 298 bro...



Back to top Go down
View user profile
amrozi
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-08-03

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Sat Aug 07, 2010 1:43 pm

kucingbakar wrote:
permohonan pailit lah gan,,sesuai threadnya..
jadi, siapapun kreditur boleh mengajukan permohonan ya, tanpa melihat besaran kredit kan ya.. pirat

ya engga lah...

kredit sindikasi itu, kumpulan bank/lembaga pembiayaan yang memberikan kredit kepada debitur dalam satu dokumen perjanjian,yang di urus/diadministrasikan oleh satu agen atau dengan kata lain tiap2 bank/lembaga pembiayaan yg terlibat dalam pemberian kredit menyerahkan wewenangnya untuk diurus/diadministrasi oleh satu agen...

sederhananya kaya persija yg sebenarnya terdiri dari banyak klub2 yg kemudian berserikat/bersatu.tapi ketika berhubungan dgn pssi hanya diwakili oleh satu entiti yakni pengurus persija..

jadi yg boleh mengajukan permohonan ya si agen sindikasi ini...

cmiw
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Sat Aug 07, 2010 9:30 pm

amrozi wrote:
yapthiamhien wrote:
prosedur pk dalam kepailitan itu ngikutin pasal 14 atau 295 sih?


ke pasal 295 sampai 298 bro...





Kalo gitu mutatis mutandis pasal 14 apaan dong? Sslah cetak? It can be easily exploited then....
Back to top Go down
View user profile
amrozi
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-08-03

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Mon Oct 11, 2010 11:29 pm

yapthiamhien wrote:
amrozi wrote:
yapthiamhien wrote:
prosedur pk dalam kepailitan itu ngikutin pasal 14 atau 295 sih?


ke pasal 295 sampai 298 bro...





Kalo gitu mutatis mutandis pasal 14 apaan dong? Sslah cetak? It can be easily exploited then....


pengertiannya sepanjang tidak diatur ketentuan khusus PK pasal 295-298 mengikuti ketentuan pasal 12-13...

kelupaan buka lapak dimar
i Very Happy
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Mon Oct 11, 2010 11:40 pm

amrozi wrote:
yapthiamhien wrote:
Di 14: ma periksa max 60 hari. Memori dan kontra dipool pn, baru kirim ke ma. Putusan ke pn, baru pihak.

Di 295: ma periksa max 30 hari. Memori dan kontra dikirim terpisah, memori duluan. Putusan dikirim langsung dr ma.

Dari segi timeframe, kata gw sih signifikan banget bedanya. Apa gw salah baca? Mohon koreksinya bos....

Pemeriksaan di Pengadilan harus sudah putus paling lambat dalam jangka waktu,,,,

60 hari di tingkat PN

60 hari di tingkat kasasi

30 hari tingkat PK

untuk pengajuan PK dgn alasan kesalahan penerapan hukum max 30 hri sejak tanggal putusan diucapkan, sedangkan PK dgn alasan novum baru max 180 hr sejak tanggal putusan,,,

20 hari untuk putusan pkpu semntara yg diajukan kreditur

(jangka waktu pkpu semntara max 45 hari,kmudian diputuskan dalam sidang permusyawaratn hakim(sidang homologasi) apakah rencana perdamaian diterima atau tidak, apabila tidak demi hukum debitor dinyatakan insolvensi dan tidak dapat diajuakn rencana perdamaian lagi..bila rencana perdamaian diterima maka dapat berupa debitor dan kreditor berdamai yang berlaku lima tahun sejak tanggal putusan homologasi (perdamaian) diucapkan atau perpanjangan masa PKPU tetap max 270 hri yg dilkukan utk mnyiapkan perdamain antara kreditor &debitor)











ok. lu penganut 295
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Mon Oct 11, 2010 11:40 pm

amrozi wrote:
yapthiamhien wrote:
prosedur pk dalam kepailitan itu ngikutin pasal 14 atau 295 sih?


ke pasal 295 sampai 298 bro...




tu 14 gimana dong?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Mon Oct 11, 2010 11:42 pm

amrozi wrote:
yapthiamhien wrote:
amrozi wrote:
yapthiamhien wrote:
prosedur pk dalam kepailitan itu ngikutin pasal 14 atau 295 sih?


ke pasal 295 sampai 298 bro...





Kalo gitu mutatis mutandis pasal 14 apaan dong? Sslah cetak? It can be easily exploited then....


pengertiannya sepanjang tidak diatur ketentuan khusus PK pasal 295-298 mengikuti ketentuan pasal 12-13...

kelupaan buka lapak dimar
i Very Happy

tapi kalo bentrok? nah lo....
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Mon Oct 11, 2010 11:44 pm

amrozi wrote:
kucingbakar wrote:
permohonan pailit lah gan,,sesuai threadnya..
jadi, siapapun kreditur boleh mengajukan permohonan ya, tanpa melihat besaran kredit kan ya.. pirat

ya engga lah...

kredit sindikasi itu, kumpulan bank/lembaga pembiayaan yang memberikan kredit kepada debitur dalam satu dokumen perjanjian,yang di urus/diadministrasikan oleh satu agen atau dengan kata lain tiap2 bank/lembaga pembiayaan yg terlibat dalam pemberian kredit menyerahkan wewenangnya untuk diurus/diadministrasi oleh satu agen...

sederhananya kaya persija yg sebenarnya terdiri dari banyak klub2 yg kemudian berserikat/bersatu.tapi ketika berhubungan dgn pssi hanya diwakili oleh satu entiti yakni pengurus persija..

jadi yg boleh mengajukan permohonan ya si agen sindikasi ini...

cmiw

penjelasan pasal 2 ayat 1

... bilamana terdapat sindikasi kreditor maka masing-masing kreditor adalah kreditor sebagaimana dimaksud dalam pasal 1 angka 2. ...
Back to top Go down
View user profile
amrozi
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-08-03

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Wed Oct 13, 2010 3:21 am

yapthiamhien wrote:
amrozi wrote:
yapthiamhien wrote:
amrozi wrote:
yapthiamhien wrote:
prosedur pk dalam kepailitan itu ngikutin pasal 14 atau 295 sih?


ke pasal 295 sampai 298 bro...





Kalo gitu mutatis mutandis pasal 14 apaan dong? Sslah cetak? It can be easily exploited then....


pengertiannya sepanjang tidak diatur ketentuan khusus PK pasal 295-298 mengikuti ketentuan pasal 12-13...

kelupaan buka lapak dimar
i Very Happy

tapi kalo bentrok? nah lo....

belom pernah tau gw ada bentrok,,,boleh juga kalo lo mau nyoba Very Happy

nah kalo batas waktu yg ditentukan dalam UU terlampaui sama hakim sih pernah,,ya tapi ga ada sanksinya buat si hakim Mad

Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Wed Oct 13, 2010 3:27 am

yapthiamhien wrote:
Di 14: ma periksa max 60 hari. Memori dan kontra dipool pn, baru kirim ke ma. Putusan ke pn, baru pihak.

Di 295: ma periksa max 30 hari. Memori dan kontra dikirim terpisah, memori duluan. Putusan dikirim langsung dr ma.

Dari segi timeframe, kata gw sih signifikan banget bedanya. Apa gw salah baca? Mohon koreksinya bos....

itu bukannya bentrok? gampangnya, kalo lu mao PK, lu kirim ke PN atau ke MA?
Back to top Go down
View user profile
amrozi
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-08-03

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Wed Oct 13, 2010 3:44 am

yapthiamhien wrote:
yapthiamhien wrote:
Di 14: ma periksa max 60 hari. Memori dan kontra dipool pn, baru kirim ke ma. Putusan ke pn, baru pihak.

Di 295: ma periksa max 30 hari. Memori dan kontra dikirim terpisah, memori duluan. Putusan dikirim langsung dr ma.

Dari segi timeframe, kata gw sih signifikan banget bedanya. Apa gw salah baca? Mohon koreksinya bos....

itu bukannya bentrok? gampangnya, kalo lu mao PK, lu kirim ke PN atau ke MA?

kan udah dibilang sepanjang tidak diatur dalam ketentuan 295 dst, kalo diatur ya bererti lo ikutin ketentuan PK di 295 dst..

PN , ditujukannya ke MA melalui PN permohonan diajukan.

nanti orang pn yg ngirim ke ma.

Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Wed Oct 13, 2010 4:13 am

sorry, my bad. salah pertanyaan.. hehehe

setelah kita masukin PK, tu berkas langsung dikirim ke MA atau tunggu kontra dulu?
Back to top Go down
View user profile
amrozi
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-08-03

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Wed Oct 13, 2010 2:28 pm

yapthiamhien wrote:
sorry, my bad. salah pertanyaan.. hehehe

setelah kita masukin PK, tu berkas langsung dikirim ke MA atau tunggu kontra dulu?

panitera PN wajib menyampaikan ke MA 2 sejak PK didaftar

Jawaban Termohon maks 10 hari sejak PK didaptar.

secara "normal" ya dikirim dulu ke MA,,

Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Wed Oct 13, 2010 7:08 pm

berarti 295 dst prevails over 14 dong......
Back to top Go down
View user profile
amrozi
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-08-03

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Fri Oct 15, 2010 4:14 am

yapthiamhien wrote:
berarti 295 dst prevails over 14 dong......

begitulah adanya Embarassed
Back to top Go down
View user profile
koboy manula
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 1
Join date : 2011-06-15
Location : indonesia

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Wed Jun 15, 2011 12:08 pm

kalo dalam kepailitan istilah untuk kreditor fiktif apa namanya yaa??
jadi ada tagihan sejumlah kreditor yang diduga fiktif karena bukti adanya piutang ternyata tidak menunjukkan keabsahan kreditor sebagai kreditor debitor pailit,tapi ama kurator dikabulkan. prosedur renvoi yang diajukan kreditor lain juga ditolak..
jadi,istilah untuk kreditor fiktif baik secara praktek di lapangan maupun menurut UU 37/2004 apa ya.
mohon bantuannya untuk skripsi ane.
tengkyu Laughing
Back to top Go down
View user profile
odong2
Senior Legal Assistant


Posts : 201
Join date : 2011-06-06

PostSubject: Re: Bankruptcy law    Mon Jun 20, 2011 1:03 am

tanya dong, kalau ada debitur PT A dipailitkan dengan Mr. B sebagai direktur, harta yang dijadikan jaminan utang adalah harta keluarga atas nama seluruh keluarga Mr. B Mrs. C Ms. D. Apakah harta yang dijadikan jaminan utang itu dapat dikategorikan boedel pailit? apakah bisa dijual? kalau dijual apakah seluruh hasil penjualan digunakan untuk membayar utang atau dibagi secara rata kepada Mr. B Mrs. C Ms. D dan hanya bagian Mr. B saja yang dapat digunakan untuk membayar utang?

tambahan info: kreditur adalah Bank Z, bukan pemohon pailit dan mengetahui proses pailit melalui Kurator dalam perkara pailit tersebut.

tolong pencerahannya ya para partner dan darth.
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Bankruptcy law    Today at 2:51 pm

Back to top Go down
 
Bankruptcy law
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 3Go to page : 1, 2, 3  Next
 Similar topics
-
» Kodak files bankruptcy
» British report warns of bankruptcy Iraq within three years
» Sri Lanka Vallibel One to buy Delmege
» Are Federal Reserve Notes And Treasury Debt The Same Thing?
» Parliament warns of bankruptcy of the government during the four months if you do not pass the budge

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: