Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
depe_pras
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 47
Join date : 2013-01-30

PostSubject: Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan   Thu Feb 21, 2013 7:51 pm

Permisi agan-agan sekalian. Ane udh lama mantengin nih forum. Lama2 ingin nimbrung juga. Langsung aja ya, mau numpang nanya nih:

1. Bagaimana penjelasan utang terbukti sederhana dlm kepailitan?
2. Kalo misalkan ada perjanjian utk melakukan suatu pekerjaan antara A dan B. B sudah selesai mengerjakan pekerjaan, sudah ada Berita Acara Commissioning (BAC) yaitu uji coba proyek dan sudah selesai 100%. Tapi dlm perjanjian disebutkan utk pembayaran disyaratkan pekerjaan sdh slese 100% namun dibuktikan dengan BAST. Sdgkn dokumen yg ada hnya BAC. Menurut agan-agan, berdasarkan bukti tsb, apkh utang sdh terbukti sederhana dlm kepailitan? terima kasih sebelumnya.
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan   Fri Feb 22, 2013 4:13 am

bila tidak jelas apakah hutang sudah jatuh tempo dan dapat ditagih, apakah sudah ada somasi?
Back to top Go down
View user profile
depe_pras
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 47
Join date : 2013-01-30

PostSubject: Re: Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan   Sat Feb 23, 2013 5:46 pm

Thanks bang Bane udh direply. Sudah ada somasi. Sebelumnya jg sdh ada peringatan utk mmbyr utang dari persh. Apakah somasi bs jd dasar klo dlm perjanjian disebutkan pembuktian pkerjaan tlh slse hrs dg BAST?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan   Sun Feb 24, 2013 6:45 am

emang somasi apa sih? warning letter atau pernyataan jatuh tempo?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan   Sun Feb 24, 2013 6:46 am

pertanyaan gw terlepas dari cerita lu yak. kalo agreement mensyaratkan A tapi dokumen A belum terpenuhi, keknya lu udah tau deh jawabannya.
Back to top Go down
View user profile
molen
Senior Legal Assistant


Posts : 167
Join date : 2011-10-24

PostSubject: Re: Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan   Tue Feb 26, 2013 6:15 pm

coma nimbrung klo salah dibenerin ya.

merujuk pada kata bang bane, klo dok A blon ada brt bisa disimpulin blon terjadi hak tagih kan?

pailit bukannya disa dimintakan berdasarkan hak tagih ud muncul ya? bukan karena hutang piutang semata.

CMIIW
Back to top Go down
View user profile
depe_pras
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 47
Join date : 2013-01-30

PostSubject: Re: Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan   Tue Feb 26, 2013 9:14 pm

Sbg tambahan info, sebenarnya dokumen A (BAST) sdh ada dan sudah dilampirkan dlm dok penagihan ke debitur. Mslhnya, kreditur tdk pegang bukti copy. Smntr tanda terima hnya mnyebutkan telah diterima dok penagihan, tdk disebutkan detail ada dok A yg telah diterima. Shg akan susah mmbuktikan di persidangan.

Sbgmn saya sebutkan di awal, dlm perjanjian dsbtkn "pekerjaan slse 100% dibuktikan dg BAST" sbnrnya prnyataan ini krg pas. Pkrjaan telah slse dlm praktik dibktikan dg BAC. In reality, dok ini yg dipegang kreditur.

Kalo sprti ini bgmn? thanks scratch
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan   Tue Feb 26, 2013 9:39 pm

klausul di BAC ada gak yang bilang BAC ini ada karena udah ada BAST sehingga keberadaan BAST tidak perlu dibuktikan lagi?


kalo gw jadi termohon sih gw akan letterlijk dengan perjanjian....
Back to top Go down
View user profile
P21
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2011-05-03
Age : 29
Location : Tapanuli

PostSubject: Re: Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan   Mon Mar 25, 2013 2:25 am

depe_pras wrote:
Sbg tambahan info, sebenarnya dokumen A (BAST) sdh ada dan sudah dilampirkan dlm dok penagihan ke debitur. Mslhnya, kreditur tdk pegang bukti copy. Smntr tanda terima hnya mnyebutkan telah diterima dok penagihan, tdk disebutkan detail ada dok A yg telah diterima. Shg akan susah mmbuktikan di persidangan.

Sbgmn saya sebutkan di awal, dlm perjanjian dsbtkn "pekerjaan slse 100% dibuktikan dg BAST" sbnrnya prnyataan ini krg pas. Pkrjaan telah slse dlm praktik dibktikan dg BAC. In reality, dok ini yg dipegang kreditur.

Kalo sprti ini bgmn? thanks scratch

Coba jawab yaa..CMIIW Neutral
- Tanda terima + Dokumen Penagihan (entah BAC/BAST) = pekerjaan selesai.
- Pekerjaan selesai + somasi untuk membayar = adanya utang.
- Adanya Utang = salah satu syarat pailit.
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan   Today at 11:08 am

Back to top Go down
 
Pembuktian utang terbukti sederhana dlm kepailitan
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: