Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Tanya tentang Penegakan Hukum..

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
indianicrasta
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 306
Join date : 2010-07-22

PostSubject: Tanya tentang Penegakan Hukum..   Sat Aug 21, 2010 12:03 pm

all lawyers.. hehey..
mau tanya donk, sebenernya apa sih penegakan hukum itu?

gw ada soal, bagaimana penegakan hukum yang dilakukan bapepam terhadap kejahatan manipulasi pasar yang terjadi di pasar modal?

nah, karena gw ragu.. ada 3 yg pengen gw jawab..
1. Penegakan hukumnya itu ada yang dilakukan secara pidana, perdata, ataupun sanksi administratif. tapi tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.
2. Penegakan hukumnya dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan penyidikan.
3. Penegakan hukumnya hanya dengan sanksi administratif.

jadi, ada kasus gitu.. nah klo sesuai kasus, jawabannya poin 3. klo poin 2, jatohnya proses kayaknya. tapi tetep gw bingung dah.. pertanyaannya soalnya gk ada menyinggung "kasus"..

sorry nih stupid question..hee
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya tentang Penegakan Hukum..   Mon Aug 23, 2010 4:01 am

indianicrasta wrote:
all lawyers.. hehey..
mau tanya donk, sebenernya apa sih penegakan hukum itu?

gw ada soal, bagaimana penegakan hukum yang dilakukan bapepam terhadap kejahatan manipulasi pasar yang terjadi di pasar modal?

nah, karena gw ragu.. ada 3 yg pengen gw jawab..
1. Penegakan hukumnya itu ada yang dilakukan secara pidana, perdata, ataupun sanksi administratif. tapi tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.
2. Penegakan hukumnya dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan penyidikan.
3. Penegakan hukumnya hanya dengan sanksi administratif.

jadi, ada kasus gitu.. nah klo sesuai kasus, jawabannya poin 3. klo poin 2, jatohnya proses kayaknya. tapi tetep gw bingung dah.. pertanyaannya soalnya gk ada menyinggung "kasus"..

sorry nih stupid question..hee

gw nggak terlalu ngikutin pasar modal di Indo sih, tetapi setau gw sejauh ini bapepam cuman sampe hukuman administrasi. gw blum pernah denger bapepam imposes pidananya. CMIIW.
Back to top Go down
View user profile
indianicrasta
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 306
Join date : 2010-07-22

PostSubject: Re: Tanya tentang Penegakan Hukum..   Mon Aug 23, 2010 5:37 am

iya, berarti sesuai case diatas, penegakan hukum bapepam tidak sesuai donk? karena tindak pidana insider trading, manipulasi pasar itu kan termasuk tindak pidana, tapi akhirnya dikenakan sanksi administratif.

sanksi administratif dikenakan ke mereka, karena bapepam selalu berlindung di pasal 101 ayat 1 dan penjelasannya. Nah, gw pernah ngadain riset sama teman kesana, dan mereka tetep ngotot, bawa" asas diskresi lah untuk pembenaran.

memang sih, klo dipidanakan, akan mengganggu bursa, tapi apa gak akan masuk pidana juga itu pelaku? sanksinya kan 2, denda dan pidana penjara.

nah, terkait dengan pertanyaan diatas, tmn gw nanya ke gw, menurut gw yang paling bener jawabannya yang mana. karena gw liat di soalnya kgk terkait dengan kasus, jawaban gw penegakan hukumnya tidak sesuai, karena hanya sedikit yang masuk pengadilan.

imho, ada yang masuk ke pengadilan kok, tmn gw ada putusannya.

begitu..
Back to top Go down
View user profile
pinolo
Senior Legal Assistant


Posts : 244
Join date : 2010-04-29
Location : In a Box full of LEGO bricks

PostSubject: Re: Tanya tentang Penegakan Hukum..   Tue Sep 28, 2010 8:58 pm

indianicrasta wrote:
iya, berarti sesuai case diatas, penegakan hukum bapepam tidak sesuai donk? karena tindak pidana insider trading, manipulasi pasar itu kan termasuk tindak pidana, tapi akhirnya dikenakan sanksi administratif.

sanksi administratif dikenakan ke mereka, karena bapepam selalu berlindung di pasal 101 ayat 1 dan penjelasannya. Nah, gw pernah ngadain riset sama teman kesana, dan mereka tetep ngotot, bawa" asas diskresi lah untuk pembenaran.

memang sih, klo dipidanakan, akan mengganggu bursa, tapi apa gak akan masuk pidana juga itu pelaku? sanksinya kan 2, denda dan pidana penjara.

nah, terkait dengan pertanyaan diatas, tmn gw nanya ke gw, menurut gw yang paling bener jawabannya yang mana. karena gw liat di soalnya kgk terkait dengan kasus, jawaban gw penegakan hukumnya tidak sesuai, karena hanya sedikit yang masuk pengadilan.

imho, ada yang masuk ke pengadilan kok, tmn gw ada putusannya.

begitu..

eeeh, serius gan pernah ada pidana pasmod yang masuk pengadilan??

di-share dooonk....
Back to top Go down
View user profile
indianicrasta
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 306
Join date : 2010-07-22

PostSubject: Re: Tanya tentang Penegakan Hukum..   Sat Oct 02, 2010 12:05 am

pinolo wrote:
indianicrasta wrote:
iya, berarti sesuai case diatas, penegakan hukum bapepam tidak sesuai donk? karena tindak pidana insider trading, manipulasi pasar itu kan termasuk tindak pidana, tapi akhirnya dikenakan sanksi administratif.

sanksi administratif dikenakan ke mereka, karena bapepam selalu berlindung di pasal 101 ayat 1 dan penjelasannya. Nah, gw pernah ngadain riset sama teman kesana, dan mereka tetep ngotot, bawa" asas diskresi lah untuk pembenaran.

memang sih, klo dipidanakan, akan mengganggu bursa, tapi apa gak akan masuk pidana juga itu pelaku? sanksinya kan 2, denda dan pidana penjara.

nah, terkait dengan pertanyaan diatas, tmn gw nanya ke gw, menurut gw yang paling bener jawabannya yang mana. karena gw liat di soalnya kgk terkait dengan kasus, jawaban gw penegakan hukumnya tidak sesuai, karena hanya sedikit yang masuk pengadilan.

imho, ada yang masuk ke pengadilan kok, tmn gw ada putusannya.

begitu..

eeeh, serius gan pernah ada pidana pasmod yang masuk pengadilan??

di-share dooonk....
nanti gw cek di kampus deh ya.. klo gk salah ada lampiran putusannya kok..
skripsi senior gw.. ntar klo ketemu gw share..
Back to top Go down
View user profile
pinolo
Senior Legal Assistant


Posts : 244
Join date : 2010-04-29
Location : In a Box full of LEGO bricks

PostSubject: Re: Tanya tentang Penegakan Hukum..   Sat Oct 02, 2010 8:06 am

indianicrasta wrote:
pinolo wrote:
indianicrasta wrote:
iya, berarti sesuai case diatas, penegakan hukum bapepam tidak sesuai donk? karena tindak pidana insider trading, manipulasi pasar itu kan termasuk tindak pidana, tapi akhirnya dikenakan sanksi administratif.

sanksi administratif dikenakan ke mereka, karena bapepam selalu berlindung di pasal 101 ayat 1 dan penjelasannya. Nah, gw pernah ngadain riset sama teman kesana, dan mereka tetep ngotot, bawa" asas diskresi lah untuk pembenaran.

memang sih, klo dipidanakan, akan mengganggu bursa, tapi apa gak akan masuk pidana juga itu pelaku? sanksinya kan 2, denda dan pidana penjara.

nah, terkait dengan pertanyaan diatas, tmn gw nanya ke gw, menurut gw yang paling bener jawabannya yang mana. karena gw liat di soalnya kgk terkait dengan kasus, jawaban gw penegakan hukumnya tidak sesuai, karena hanya sedikit yang masuk pengadilan.

imho, ada yang masuk ke pengadilan kok, tmn gw ada putusannya.

begitu..

eeeh, serius gan pernah ada pidana pasmod yang masuk pengadilan??

di-share dooonk....
nanti gw cek di kampus deh ya.. klo gk salah ada lampiran putusannya kok..
skripsi senior gw.. ntar klo ketemu gw share..

aseeek...mantaaab.....tq b4...
Back to top Go down
View user profile
kurapikuri
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 50
Join date : 2010-05-03

PostSubject: Re: Tanya tentang Penegakan Hukum..   Tue Nov 09, 2010 9:34 pm

nimbrung juga, penegakkan hukum administratif itu sanksinya harus bertahap yaa? kayak teguran dulu etc
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya tentang Penegakan Hukum..   Tue Nov 09, 2010 9:58 pm

kurapikuri wrote:
nimbrung juga, penegakkan hukum administratif itu sanksinya harus bertahap yaa? kayak teguran dulu etc

afaik yes....
Back to top Go down
View user profile
der bomber
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 401
Join date : 2010-04-29

PostSubject: Re: Tanya tentang Penegakan Hukum..   Tue Nov 09, 2010 10:35 pm

kalo kasus yg PT. GRI itu ttg PasMod bukan ya??? ada yg tau???
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Tanya tentang Penegakan Hukum..   Today at 4:36 am

Back to top Go down
 
Tanya tentang Penegakan Hukum..
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: