Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 penggantian hak cuti

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: penggantian hak cuti   Mon Sep 20, 2010 12:57 am

berdasarkan pemahaman sesorang yang ga bisa gw counter ditempat secara kontan dan konkrit:

A kerja di PT XXX sejak januari 2008. A punya hak cuti 12 hari berdasarkan uu naker per januari 2009. selama 2009, A ambil semua 12 hari, dan tidak pernah cuti selama 2010.

juni 2010, A resign. si PT XXX cuman mau membayar uang penggantian hak cuti si A sebesar satu bulan gaji x 5. angka lima adalah karena selama 2010 si A baru kerja 5 bulan. januari, feb, mar, apr, mei. menurut si PT XXX, jatah cuti satu tahun 12 hari equals dengan 1 bulan 1 hari. jadi sampe resign, si A baru ada jatah cuti 5 hari.



menurut gw ini keblinger. ada yang berpendapat laen ga? sapa tau gw salah.....
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Mon Sep 20, 2010 1:19 am

bukannya itu balik ke PKB tiap perusahaan yak?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Mon Sep 20, 2010 3:07 am

serius lu? tergantung PKB?



kalo ga ada PKB gimana?
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Mon Sep 20, 2010 4:50 am

veryvery cmiiw ya, on top of my head nih,

seinget gw ya di uunaker cuma disebut *setelah* bekerja setahun dapat jatah cuti 12 hari; jadi jatah cuti tahun 2010 sebagai reward bekerja selama 2009

nah pada prakteknya kan PKB atau peraturan perusahaan bisa menvariasikan prosedur pemberiannya, kali diitung bulk staon lsg dapet 12 hari (kaya kantor gw) atau sebulan nambah 1 hari (ada bbrp kantor kaya gini)
Back to top Go down
View user profile
pinolo
Senior Legal Assistant


Posts : 244
Join date : 2010-04-29
Location : In a Box full of LEGO bricks

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Tue Sep 28, 2010 8:16 am

deepoceanblue wrote:
veryvery cmiiw ya, on top of my head nih,

seinget gw ya di uunaker cuma disebut *setelah* bekerja setahun dapat jatah cuti 12 hari; jadi jatah cuti tahun 2010 sebagai reward bekerja selama 2009

nah pada prakteknya kan PKB atau peraturan perusahaan bisa menvariasikan prosedur pemberiannya, kali diitung bulk staon lsg dapet 12 hari (kaya kantor gw) atau sebulan nambah 1 hari (ada bbrp kantor kaya gini)

di perjanjian kerja (kalo ada) kan juga bisa ngatur bang??

biasanya yg ngatur jatah cuti tergantung masa kerja...buat yg blm satu tahun kerja, pro rate dgn masa kerja (1 bulan 1 hari) ato itungan lainnya....untuk yg udah lebih 1 tahun, maka 1 tahun = 12 hari (ato itungan lain)

gitu bukan??
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Tue Sep 28, 2010 8:33 am

pinolo wrote:
deepoceanblue wrote:
veryvery cmiiw ya, on top of my head nih,

seinget gw ya di uunaker cuma disebut *setelah* bekerja setahun dapat jatah cuti 12 hari; jadi jatah cuti tahun 2010 sebagai reward bekerja selama 2009

nah pada prakteknya kan PKB atau peraturan perusahaan bisa menvariasikan prosedur pemberiannya, kali diitung bulk staon lsg dapet 12 hari (kaya kantor gw) atau sebulan nambah 1 hari (ada bbrp kantor kaya gini)

di perjanjian kerja (kalo ada) kan juga bisa ngatur bang??

biasanya yg ngatur jatah cuti tergantung masa kerja...buat yg blm satu tahun kerja, pro rate dgn masa kerja (1 bulan 1 hari) ato itungan lainnya....untuk yg udah lebih 1 tahun, maka 1 tahun = 12 hari (ato itungan lain)

gitu bukan??

iyah.. pokoke di peraturan2 turunan dari UU nya deh.. tiap case kan beda2 hehehe
klo lo dah pegawai tetap kan ga pake perjanjian kerja Very Happy
Back to top Go down
View user profile
pinolo
Senior Legal Assistant


Posts : 244
Join date : 2010-04-29
Location : In a Box full of LEGO bricks

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Tue Sep 28, 2010 8:35 am

deepoceanblue wrote:
pinolo wrote:
deepoceanblue wrote:
veryvery cmiiw ya, on top of my head nih,

seinget gw ya di uunaker cuma disebut *setelah* bekerja setahun dapat jatah cuti 12 hari; jadi jatah cuti tahun 2010 sebagai reward bekerja selama 2009

nah pada prakteknya kan PKB atau peraturan perusahaan bisa menvariasikan prosedur pemberiannya, kali diitung bulk staon lsg dapet 12 hari (kaya kantor gw) atau sebulan nambah 1 hari (ada bbrp kantor kaya gini)

di perjanjian kerja (kalo ada) kan juga bisa ngatur bang??

biasanya yg ngatur jatah cuti tergantung masa kerja...buat yg blm satu tahun kerja, pro rate dgn masa kerja (1 bulan 1 hari) ato itungan lainnya....untuk yg udah lebih 1 tahun, maka 1 tahun = 12 hari (ato itungan lain)

gitu bukan??

iyah.. pokoke di peraturan2 turunan dari UU nya deh.. tiap case kan beda2 hehehe
klo lo dah pegawai tetap kan ga pake perjanjian kerja Very Happy

laaah??? gimana maksudnya bang kalo pegawai tetap ga make perjanjian kerja??

masih ngacu ksitu juga bukan kalo misalnya ada yg ga diatur di PP ato PKB, tapi ada di perjanjian??
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Tue Sep 28, 2010 7:15 pm

deepoceanblue wrote:
pinolo wrote:
deepoceanblue wrote:
veryvery cmiiw ya, on top of my head nih,

seinget gw ya di uunaker cuma disebut *setelah* bekerja setahun dapat jatah cuti 12 hari; jadi jatah cuti tahun 2010 sebagai reward bekerja selama 2009

nah pada prakteknya kan PKB atau peraturan perusahaan bisa menvariasikan prosedur pemberiannya, kali diitung bulk staon lsg dapet 12 hari (kaya kantor gw) atau sebulan nambah 1 hari (ada bbrp kantor kaya gini)

di perjanjian kerja (kalo ada) kan juga bisa ngatur bang??

biasanya yg ngatur jatah cuti tergantung masa kerja...buat yg blm satu tahun kerja, pro rate dgn masa kerja (1 bulan 1 hari) ato itungan lainnya....untuk yg udah lebih 1 tahun, maka 1 tahun = 12 hari (ato itungan lain)

gitu bukan??

iyah.. pokoke di peraturan2 turunan dari UU nya deh.. tiap case kan beda2 hehehe
klo lo dah pegawai tetap kan ga pake perjanjian kerja Very Happy


ye.... pan ada pkwt ama pkwtt....
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Wed Sep 29, 2010 1:30 am

maap.. kamsud gw kontrak berjangka.. hehe
klo pkwtt kan biasanya sekarang ucma sk pengangkatan sbg pegawai tetap n yg isinya nunduk ke peraturan eprusahaan - PKB
Back to top Go down
View user profile
bendol
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 18
Join date : 2010-09-27

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Wed Sep 29, 2010 7:03 am

yapthiamhien wrote:
berdasarkan pemahaman sesorang yang ga bisa gw counter ditempat secara kontan dan konkrit:

A kerja di PT XXX sejak januari 2008. A punya hak cuti 12 hari berdasarkan uu naker per januari 2009. selama 2009, A ambil semua 12 hari, dan tidak pernah cuti selama 2010.

juni 2010, A resign. si PT XXX cuman mau membayar uang penggantian hak cuti si A sebesar satu bulan gaji x 5. angka lima adalah karena selama 2010 si A baru kerja 5 bulan. januari, feb, mar, apr, mei. menurut si PT XXX, jatah cuti satu tahun 12 hari equals dengan 1 bulan 1 hari. jadi sampe resign, si A baru ada jatah cuti 5 hari.



menurut gw ini keblinger. ada yang berpendapat laen ga? sapa tau gw salah.....

mnurut gwah kalo itu keputusan dari perusahaannya gak ada yg salah koq.
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Wed Sep 29, 2010 7:18 pm

ha? paparin dong argumennya...... kalo cuman bener salah doang mah.....
Back to top Go down
View user profile
kurapikuri
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 50
Join date : 2010-05-03

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Fri Oct 01, 2010 11:13 pm

mau nimbrung tanya juga dong, kalo di UU kan cuti tahunan 12 hari, kalo misalnya di perjanjian kerjanya cuma 10 hari, eh saat dia lagi liburan, dia kebetulan liatliat uunaker, ternyata disitu ditulis jatah cutinya 12 hari, akhirnya dia ngambil yang 12hari, kena potong gaji ga? atau bisa merujuk ke uunaker? jadinya ga potong gaji?
kalo misalnya di perjanjian kerja cutinya 14 hari, gimana? sebenernya yang dipake itu UUnaker atau perjanjian kerja ya? kapan dipakainya uunaker kapan dipakenya perjanjian kerja?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Fri Oct 01, 2010 11:33 pm

bukannya perjanjian ga boleh mengurangi jatah pekerja ya? kalo ga ada clause severabilitynya, batl demi hukum bukan tu perjanjian kerja?
Back to top Go down
View user profile
bendol
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 18
Join date : 2010-09-27

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Sat Oct 02, 2010 8:21 am

yapthiamhien wrote:
ha? paparin dong argumennya...... kalo cuman bener salah doang mah.....
gampang aja bro kalaw itu tidak menyalahi atau tidak diatur dalam klausul perjanjian kerja yah mnurut gw gak ada salahnya lagian coba diliat tahun dia mulai kerja dengan tahun UU yang baru di terbitkan Rolling Eyes
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Sat Oct 02, 2010 8:34 am

emang semua hubungan kerja pake perjanjian? kalo kagak?
Back to top Go down
View user profile
bendol
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 18
Join date : 2010-09-27

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Sat Oct 02, 2010 3:22 pm

ya gausah kerja aja Sad udah kerja kok masih bego setiap pekerjaan pasti ada janji-janjinya dong mosok ia elu kerja, kerja aja ndak ada omongan ini itu tentang gimana elu kerja berapa gaji elu Razz nah kalo tidak ada aturan yang mengatur baru boleh protes tetapi liat dulu aturan yang mengatur itu kapan, siapa dan dimana.
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Sat Oct 02, 2010 7:20 pm

bentar....bentar.... lu kuliah dimana sih?
Back to top Go down
View user profile
bendol
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 18
Join date : 2010-09-27

PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Sun Oct 03, 2010 2:43 pm

gw pengangguran bro afro
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: penggantian hak cuti   Today at 4:31 am

Back to top Go down
 
penggantian hak cuti
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: