Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 numpang tanya kasus

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
kurapikuri
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 50
Join date : 2010-05-03

PostSubject: numpang tanya kasus   Tue Nov 02, 2010 10:06 pm

numpang tanya bang, dosen bukan selalu PNS, dan bisa jadi buruh kan?
terus... kalo misalnya saya bekerja dalam suatu perusahaan, yang aturan dalam perusahaan itu kalo saya mau lanjut ke S2 yang dibayarin sama perusahaan X, harus bekerja selama 3x masa studi saya di S2 tersebut, atau kalo mau kerja di tempat lain, bayar ganti rugi sebesar 4x biaya masa studi (yang dibayarkan perusahaan) dan dikeluarkan dari pekerjaan semula, nah saya sudah tanda tangan itu perjanjian, kemudian ada saya memang mau lanjut S2, pas mau wisuda, ada tawaran menarik CPNS, nah ikutlah saya tanpa pemberitahuan ke bos perusahaan, eh ga taunya diterima, dan mulai berfikir mau pindah kerja, belum ngomong sih mau pindahnya... ga tau bos denger dari mana, dia tau tuh kalo saya ikutan tes CPNS dan lolos, dia rada sewot dan sensi juga, jadinya saya kerja udah nggak nyaman, karena merasa gak nyaman saya terusin deh tes CPNS tersebut... nah, pas saya mau berenti kerja di perusahaan X tersebut, bos saya menuntut ganti rugi atas perjanjian itu tuh, saya rasa itu terlalu berat buat saya, saya udah kasih alternatif, dia gak mau terima alternatif saya...
pertanyaannya, ada gak sih peraturan per-UU-an yang mengatur pembayaran kaya pinjam lunak gitu ketentuannya maksimal berapa atau gimana kaya kasus yang saya jabarkan? kalo misalnya gak ada, gimana ya caranya biar ganti ruginya nggak gedeeeeeeee gitu. apalagi udah keluar SK pemecatan.. hehehe ganti ruginya doang belom dan tidak sepakat si saya itu.
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Tue Nov 02, 2010 11:41 pm

eh lu dipecat kan? ngapain mikirin ganti rugi?
Back to top Go down
View user profile
.
Retired
Retired


Posts : 2660
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Wed Nov 03, 2010 12:26 am

gw asumsikan perjanjian lo bayar ganti rugi kalo resign kan? jadi dalam hal ini gw setuju sama bozchan kalo lu dipecat maka bukan saja lo gak perlu bayar ganti rugi, tapi lo entitled to severance payments...
Back to top Go down
View user profile http://lawyers.forumotion.net
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Wed Nov 03, 2010 1:06 am

lo somasi aja soal dia mecat lu.... hehehe galak duluan....
Back to top Go down
View user profile
kurapikuri
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 50
Join date : 2010-05-03

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Sun Nov 07, 2010 1:59 am

hehehehe sapa yang dipecat itu kan contoh kasus...
sebenernya sih bukan di pecat, tapi sebelum gue mau s2 itu ceritanya gue bikin surat pernyataan, di surat itu bilang kalo gue abis lulus S2 gak mengabdi selama 3x masa studi gue di S2, maka gue di keluarin dan harus bayar ganti rugi 4x masa studi.uheuheuhe.
btw, surat pernyataan itu kekuatan buktinya gimana? sama kaya akta pengakuan sepihak gak? kayak grosse akta gitu tapi nggak eksekutorial, kayak pengakuan utang gitu bukan ya? terus, kalo misalnya surat pernyataan, yang tanda tangan aku dan suami boleh ya?

ada lagi, SK itu jatohnya peraturan apa bisa perjanjian ya? kalo melanggar SK berarti PMH atau bisa wanprestasi? soalnya ceritanya aku melanggar SK tertentu yang sebenernya waktu mau buat SK itu, aku ikut andil juga...
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Sun Nov 07, 2010 1:13 am

kaya bukan tulisannya si kurapikuri deh.. gaya bahasanya beda.. lagian bukannya dia anak ui 2008 yak?

eniwei

SK tu Surat Keputusan direksi/top management? jatohnya ke peraturan internal perusahaan -> PKB -> perjanjian kerja -> wanprestasi kali ya..

Back to top Go down
View user profile
kurapikuri
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 50
Join date : 2010-05-03

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Sun Nov 07, 2010 1:24 am

kurapikuri bang Smile hehehehe.
biasa ada soal tapi bingung... kalo SK itu yang ditanyakan adalah SK rektor.. kalo gawe bukan di perusahaan tapi jadi dosen gimana?
mau tanya, kalo dosen diangkat pake SK, bukan berarti PNS kan? SK jatuhnya sama kaya kontrak ga? kalo dosen melanggar SK peraturan tertentu jatohnya wanprestasi apa PMH?
surat pernyataan harus ditandatangani sama yang bersangkutan aja ya? kalo suami si yang bersangkutan ikut menandatangani nggak masalah kan? terus kalo gitu kekuatan buktinya gimana kalo surat pernyataan tersebut tidak diakui oleh yang buat pernyataan? bisa gak kalo melanggar surat pernyataan diri sendiri dibilang wanprestasi?
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Sun Nov 07, 2010 6:27 pm

dosen dimana si? PTN apa PTS? klo selaen PNs ya harusnya jadi buruh biasa..
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Sun Nov 07, 2010 6:53 pm

kurapikuri wrote:
kurapikuri bang Smile hehehehe.
biasa ada soal tapi bingung... kalo SK itu yang ditanyakan adalah SK rektor.. kalo gawe bukan di perusahaan tapi jadi dosen gimana?
mau tanya, kalo dosen diangkat pake SK, bukan berarti PNS kan? SK jatuhnya sama kaya kontrak ga? kalo dosen melanggar SK peraturan tertentu jatohnya wanprestasi apa PMH?
surat pernyataan harus ditandatangani sama yang bersangkutan aja ya? kalo suami si yang bersangkutan ikut menandatangani nggak masalah kan? terus kalo gitu kekuatan buktinya gimana kalo surat pernyataan tersebut tidak diakui oleh yang buat pernyataan? bisa gak kalo melanggar surat pernyataan diri sendiri dibilang wanprestasi?

Kalo PTN kemungkinan besar PNS. Liat aja punya NIP atau nggak. kalo nggak bukan PNS berarti. dalam beberapa kasus, SK rektor bisa di gugat ke PTUN. gw lupa kasusnya tapi presedennya ada kok.

Masalah Sk sebagai kontrak, kyknya dl di trit lama udah pernah di bahas. cuman gw lupa, waktu itu gimana jadi kesimpulannya.
Back to top Go down
View user profile
kurapikuri
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 50
Join date : 2010-05-03

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Sun Nov 07, 2010 7:49 pm

PTS bang, ceritanya si "saya" itu mau di gugat perdata kok... karena telah menyalahi SK dan di SK itu utah di tetapkan denda-denda gitu...
jadi SK itu lebih sebagai peraturan apa bisa dibilang wanprestasi kalo melanggar SK?
terima kasihhhhhhh
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Sun Nov 07, 2010 8:01 pm

kurapikuri wrote:
PTS bang, ceritanya si "saya" itu mau di gugat perdata kok... karena telah menyalahi SK dan di SK itu utah di tetapkan denda-denda gitu...
jadi SK itu lebih sebagai peraturan apa bisa dibilang wanprestasi kalo melanggar SK?
terima kasihhhhhhh

Kalo PTS bukan PNS. Pertanyaanya SK rektor itu binatang hukumnya apa? apakah perjanjian atau keputusan.
Kalo disini di bilang keputusan publik:
http://www.hukumonline.com/berita/baca/hol16309/sk-rektor-pts-tetap-merupakan-objek-ptun

Kalo pake logika, pelanggaran terhadap SK itu bukan wan prestasi. Kalo mau dituntut, kemungkinan besar pake PMH.

CMIIW
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Sun Nov 07, 2010 9:04 pm

Walau swasta, setau gw bisa masuk tun. Karena kewenangan menyelenggarakan pendidikan merupakan tugas negara....

Ini afaik, karena pernah ada mahasiswa swasta dipecat, dia gugat tun pemecatannya. Dan diterima perkaranya....
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Tue Nov 09, 2010 1:40 am

yapthiamhien wrote:
Walau swasta, setau gw bisa masuk tun. Karena kewenangan menyelenggarakan pendidikan merupakan tugas negara....

Ini afaik, karena pernah ada mahasiswa swasta dipecat, dia gugat tun pemecatannya. Dan diterima perkaranya....

and dimenangkan oleh mahasiswa tsb....
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Tue Nov 09, 2010 1:49 am

bozchan wrote:
yapthiamhien wrote:
Walau swasta, setau gw bisa masuk tun. Karena kewenangan menyelenggarakan pendidikan merupakan tugas negara....

Ini afaik, karena pernah ada mahasiswa swasta dipecat, dia gugat tun pemecatannya. Dan diterima perkaranya....

and dimenangkan oleh mahasiswa tsb....

kalo yang itu gw lupa.....



yg gw pake buat matakuliah kemahiran mah, mahasiswa s1 pangkalan damri, kelamaan dan masuk injury time, dipindah ke extensi. ga beres-beres, dipecad.... dia gugat tun.

di tun kalah.....

hakim tunnya junior dosen gw.....
Back to top Go down
View user profile
kurapikuri
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 50
Join date : 2010-05-03

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Tue Nov 09, 2010 9:30 pm

kalo perkara ini disidangin kira2 saksi ahlinya ahli apa yaa?
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Wed Nov 10, 2010 2:37 am

HTN/HAN
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: numpang tanya kasus   Today at 1:29 pm

Back to top Go down
 
numpang tanya kasus
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: