Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : 1, 2  Next
AuthorMessage
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Wed Nov 03, 2010 9:31 am

guys mau nanya dong:

jd ada suatu kasus penipuan, nah orang yg menipu ini (sebut saja A) digugat oleh pihak yg tertipu (sebut saja B), B menggugat karena A melakukan penggelapan uang.
nah lalu B mengajukan gugatan sita jaminan atas asset yg dimiliki A & dikabulkan oleh pengadilan
tapi ternyata asset A tsb itu udah dijual ke pihak lain (sebut aja C) sebelum terjadi permintaan blokir ke BPN oleh B, tp si C ini waktu itu ga sempet buat balik nama asset tsb jd nya BPN blokir deh tu asset
NB: surat2 komplit sampe IMB dipegang C

nah lalu C menggugat A atas asset tsb & dimenangkan oleh pengadilan, lalu pengadilan memutuskan bahwa:
- transaksi C atas asset A merupakan transaksi yg sah karena dilakukan sebelum tanggal terjadi nya blokir
- C merupakan pembeli yg beritikad baik & harus dilindungi oleh hukum
- C merupakan pemilik dari asset A tsb
- memerintahkan kepada semua pihak yg menguasai asset tsb untuk menyerahkan kepada C

nah kira2 gmn nih posisi gugatan si B?karena gugatan C itu langsung ke A ga menyebut2 posisi B secara gamblang (tp menyebut kalo memerintah kepada semua pihak yg menguasai asset tsb untuk menyerahkan kepada C), sedangkan asset itu kini dalam penguasaan B (sita jaminan atas uang yg digelapkan)

Thanks banget yah atas pencerahannya Very Happy
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Wed Nov 03, 2010 1:55 pm

pegimane ceritanya asset dalam penguasaan B ?? kan putusan sita jaminan udah di mentahin ama PN (gugatan C).

kenapa gak ambil lagi line pidana+perdata aja? kan lumayan kalo pidana tembus biasanya perdatanya ngikutin
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Wed Nov 03, 2010 7:22 pm

ajuin sita eksekusi atas aset A. sita jaminan kan untuk menjamin agar gugatan ga sia-sia, ada nilainya. kalo ternyata sita jaminan ga tembus, ya sita eksekusi......

atau:

lo lawan putusan si C dengan alasan belum diblokir karena administratif, atau lu cari deh, AJB tanah/bangunan kan harus dengan PPAT dan didaftarkan balik namanya. kalo belum didaftarkan berarti belum ada hak. coba cek uu agraria. banyak angle buat diributin. terserah lu.

tapi:

seperti kata bozchan, kenapa ga sikat dari pidana aja dulu? setau gw itu seringkali lebih efektif.....
Back to top Go down
View user profile
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Wed Nov 03, 2010 8:50 pm

bozchan wrote:
pegimane ceritanya asset dalam penguasaan B ?? kan putusan sita jaminan udah di mentahin ama PN (gugatan C).

kenapa gak ambil lagi line pidana+perdata aja? kan lumayan kalo pidana tembus biasanya perdatanya ngikutin

sebelumnya Thanks banget nih bro atas jawabannya, gw nanya sedikit lg ya

kan sampe saat ini asset masih dalam sita jaminan atas permintaan B

sedangkan C itu menggugat nya langsung ke A, ga nyebut2 posisi B sama sekali (tp putusan pengadilan bilang kalo semua pihak yg meguasai asset tsb mesti menyerahkan ke C)

sebenernya line pidana udah diambil sampe A masuk DPO trus dia lari entah ke mana, makanya pas si C gugat A dia ga pernah dateng di pengadilan sampe pengadilan mutusin kalo C yg menang & kalo si A ga nuntut sampe 30 hari setelah pengumuman di koran maka jd keputusan yg berkekuatan hukum tetap (udah lewat 30 hr & si A ga nuntut C sama sekali)

nah kira2 pas C minta buka blokir ke BPN atas SK pengadilan itu BPN harus langsung buka ga ya?
ato mesti nunggu ada jawaban dr pihak B dulu mengingat sampe skrg masi dalam sita jaminan atas permintaan B?
bisa ngga kalo seandainya sebelum C minta buka blokir, B nuntut ke C dulu & sampe akhirnya C ga bisa buka blokir berdasarkan SK itu & harus nunggu sampe perkara antara B & C selesai?

apa posisi B lebih lemah dr C ya mengingat tuntutan B sebenernya ga langsung ke asset tsb melainkan penggelapan uang, nah karena si A ga ada itikad bayar penggelapan uang tsb akhirnya B mengajukan sita jaminan atas asset nya
sedangkan tuntutan C adalah langsung ke asset nya karena dia beli itu asset
Back to top Go down
View user profile
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Wed Nov 03, 2010 9:02 pm

yapthiamhien wrote:
ajuin sita eksekusi atas aset A. sita jaminan kan untuk menjamin agar gugatan ga sia-sia, ada nilainya. kalo ternyata sita jaminan ga tembus, ya sita eksekusi......

atau:

lo lawan putusan si C dengan alasan belum diblokir karena administratif, atau lu cari deh, AJB tanah/bangunan kan harus dengan PPAT dan didaftarkan balik namanya. kalo belum didaftarkan berarti belum ada hak. coba cek uu agraria. banyak angle buat diributin. terserah lu.

tapi:

seperti kata bozchan, kenapa ga sikat dari pidana aja dulu? setau gw itu seringkali lebih efektif.....

sebelumnya Thanks bgt nih bro atas jawabannya

Pidana sebenernya udah sampe hasilnya si A DPO seperti yg gw critain di atas

sebenernya sebelum tanggal terjadinya blokir itu, si C buat transaksi kepada A yg disaksikan Notaris (tp bukan dalam bentuk AJB melainkan Akta kuasa untuk menjual), nah Akta kuasa untuk menjual ini jd dasar gugatan C atas kepemilikan asset A.

bunyi keputusan pengadilan diantaranya:

1. keputusan pengadilan menyatakan bahwa Akta kuasa untuk menjual yg dibuat di Notaris tsb adalah sah secara hukum, mengikat antara A dengan C, & dapat digunakan sebagai proses balik nama asset tsb menjadi atas nama C

2. Menyatakan bahwa C adalah satu satu nya pembeli atas tanah sengketa tsb.

3. Menyatakan bahwa C adalah pembeli yg beritikad baik & patut mendapat perlindungan hukum serta jual beli atas tanah sengketa tsb

4. Menghukum kepada A atau siapa saja yg mendapat hak daripadanya untuk menyerahkan asset tsb kepada C

kira2 kalo udah kyk bgitu gmn ya bro?posisi C udah kuat banget ya?bisa ga ya proses buka blokir & balik nama C itu di gagalkan B?
apa jalur buat nuntut C harus setelah setelah asset di buka blokir & balik nama atas C baru bisa nuntut C secara perdata?bisa ngga ya sebelum buka blokir & balik nama, kalo udah balik nama trus dijual sama C repot banget dong ya

nah kira2 pas C minta buka blokir ke BPN atas SK pengadilan itu BPN harus langsung buka ga ya?
ato mesti nunggu ada jawaban dr pihak B dulu mengingat sampe skrg masi dalam sita jaminan atas permintaan B?
bisa ngga kalo seandainya sebelum C minta buka blokir, B nuntut ke C dulu & sampe akhirnya C ga bisa buka blokir berdasarkan SK itu & harus nunggu sampe perkara antara B & C selesai?

apa posisi B lebih lemah dr C ya mengingat tuntutan B sebenernya ga langsung ke asset tsb melainkan penggelapan uang, nah karena si A ga ada itikad bayar penggelapan uang tsb akhirnya B mengajukan sita jaminan atas asset nya
sedangkan tuntutan C adalah langsung ke asset nya karena dia beli itu asset

Thank u thank u very much bro atas jawabannya, coba kalo bisa ngasih cendol kyk di kaskus, hehe


Last edited by combrozero on Wed Nov 03, 2010 9:06 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Wed Nov 03, 2010 9:03 pm

combrozero wrote:
bozchan wrote:
pegimane ceritanya asset dalam penguasaan B ?? kan putusan sita jaminan udah di mentahin ama PN (gugatan C).

kenapa gak ambil lagi line pidana+perdata aja? kan lumayan kalo pidana tembus biasanya perdatanya ngikutin

sebelumnya Thanks banget nih bro atas jawabannya, gw nanya sedikit lg ya

kan sampe saat ini asset masih dalam sita jaminan atas permintaan B

sedangkan C itu menggugat nya langsung ke A, ga nyebut2 posisi B sama sekali (tp putusan pengadilan bilang kalo semua pihak yg meguasai asset tsb mesti menyerahkan ke C)

sebenernya line pidana udah diambil sampe A masuk DPO trus dia lari entah ke mana, makanya pas si C gugat A dia ga pernah dateng di pengadilan sampe pengadilan mutusin kalo C yg menang & kalo si A ga nuntut sampe 30 hari setelah pengumuman di koran maka jd keputusan yg berkekuatan hukum tetap (udah lewat 30 hr & si A ga nuntut C sama sekali)

nah kira2 pas C minta buka blokir ke BPN atas SK pengadilan itu BPN harus langsung buka ga ya?
ato mesti nunggu ada jawaban dr pihak B dulu mengingat sampe skrg masi dalam sita jaminan atas permintaan B?
bisa ngga kalo seandainya sebelum C minta buka blokir, B nuntut ke C dulu & sampe akhirnya C ga bisa buka blokir berdasarkan SK itu & harus nunggu sampe perkara antara B & C selesai?

apa posisi B lebih lemah dr C ya mengingat tuntutan B sebenernya ga langsung ke asset tsb melainkan penggelapan uang, nah karena si A ga ada itikad bayar penggelapan uang tsb akhirnya B mengajukan sita jaminan atas asset nya
sedangkan tuntutan C adalah langsung ke asset nya karena dia beli itu asset

kalo boleh, coba lo jelasin posisi lo disini mau mbela sapa dan tujuannya apa. Biar bisa lebih fokus issuenya.
Back to top Go down
View user profile
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Wed Nov 03, 2010 9:21 pm

kodokgosong wrote:


kalo boleh, coba lo jelasin posisi lo disini mau mbela sapa dan tujuannya apa. Biar bisa lebih fokus issuenya.

sebenernya gw kerabat nya C, & tujuannya ya supaya asset tsb bisa dimiliki C, uang udah dibayar bo & kita bayar itu kan sebelum terjadi nya blokir jd kita pembeli yg ber itikad baik dong (sesuai keputusan pengadilan), kan semua prosedur resmi udah kita lalui seperti yg seharusnya

tp emang kadang2 kalo nanya gw suka memposisikan diri gw di pihak lawan gitu, jd bisa tau kira2 apa aja si possibility yg bisa lawan gw ambil

oya gw bukan anak hukum jd maap ya kalo pertanyaan gw mungkin agak konyol buat para master2 disini, heheh

Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 04, 2010 2:16 am

oh... elu dari si C? balik nama sertipikat asap deh kalo gitu.... ato lu masih pegang ppjb dengan kuasa jual? jual lewat lelang, suruh orang laen yg beli....

penjualan di muka umum ga bisa dibatalin lo.....
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 04, 2010 2:31 am

gw bingung d... kok C beli dari A, tapi dapetnya malah surat kuasa jual? Shocked
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 04, 2010 2:49 am

deepoceanblue wrote:
gw bingung d... kok C beli dari A, tapi dapetnya malah surat kuasa jual? Shocked

beli nya pake tanda kutip, "membeli" padalan ppjb+kuasa jual.....

yang sue ya disini nih.. udah ada blokir sita jaminan. AJB nya bakal ribet..... PPAT mana mao laksanain jual beli yang udah ada blokirnye.....
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 04, 2010 2:50 am

combrozero wrote:
kodokgosong wrote:


kalo boleh, coba lo jelasin posisi lo disini mau mbela sapa dan tujuannya apa. Biar bisa lebih fokus issuenya.

sebenernya gw kerabat nya C, & tujuannya ya supaya asset tsb bisa dimiliki C, uang udah dibayar bo & kita bayar itu kan sebelum terjadi nya blokir jd kita pembeli yg ber itikad baik dong (sesuai keputusan pengadilan), kan semua prosedur resmi udah kita lalui seperti yg seharusnya

tp emang kadang2 kalo nanya gw suka memposisikan diri gw di pihak lawan gitu, jd bisa tau kira2 apa aja si possibility yg bisa lawan gw ambil

oya gw bukan anak hukum jd maap ya kalo pertanyaan gw mungkin agak konyol buat para master2 disini, heheh


mungkin lu harus tuntut A atas wanprestasi jaminan dia di PPJB, atau penipuan ata pernyataan dan jaminan dia di PPJB.

akan sulit lo AJB atas bidang tanah itu lo....
Back to top Go down
View user profile
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 04, 2010 4:35 am

tp dengan dasar Surat Keputusan Pengadilan itu BPN harus mau buka blokir kan?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 04, 2010 5:49 am

belum tentu. tapi kalo lu kasih putusan + lampiran duit segepok diangkatlah.... hehehehe
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 04, 2010 6:00 am

combrozero wrote:
tp dengan dasar Surat Keputusan Pengadilan itu BPN harus mau buka blokir kan?

tapi kalo putusan tsb di lawan ama B bakalan macet lagi, tambah ribet spt apa yg di blg yap....

kalo B&C sm2x itikad baik, udah coba jalur non litigasi? biasanya lebih efektif n murah lho....
Back to top Go down
View user profile
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 04, 2010 9:00 am

bozchan wrote:
combrozero wrote:
tp dengan dasar Surat Keputusan Pengadilan itu BPN harus mau buka blokir kan?

tapi kalo putusan tsb di lawan ama B bakalan macet lagi, tambah ribet spt apa yg di blg yap....

kalo B&C sm2x itikad baik, udah coba jalur non litigasi? biasanya lebih efektif n murah lho....

kalo seandainya B mau ngelawan putusan pengadilan / mau nuntut kita atas dasar apa bro?
kita kan sebenernya ngga ada hubungan sama B, kita beli asset A, sedangkan tuntutan si B kan uang bukan asset tsb, sedangkan tuntutan kita kan yg emang asset tsb

seharusnya kalo B mau nuntut tuntut lg aja A dong, tuntut uang ato cari asset A yg laen untuk dia sita jaminan karena asset A yg ini kan udah kita beli sebelum tanggal terjadinya perkara
kalo dia mau nuntut kita atas dasar apa ya?

wah kalo jalan musyawarah si kyknya ngga deh, karena pihak B kliatannya ga ada itikad baik & pengacara nya culas banget

jd ada kejadian gini:
tanda tangan kerabat kita itu pernah dipalsuin sama mantan karyawan kita, & dia buat surat kalo mantan karyawan kita udah diberi kuasa untuk membuat perdamaian dengan pihak B mengenai perkara perdata kita itu
trus pengacara B ini buat surat ke kepala pengadilan & majelis hakim kalo dalam perkara ini pihak kita dengan pihak C sudah ada kesepakatan jadi meminta pengadilan untuk menghentikan perkara tsb
& di akhir surat nya itu ada tanda tangan si pengacara B dengan tanda tangan palsu kerabat kita dalam 1 lembar
secara logika sebagai pengacara professional ga mungkin dong dia buat surat ke pengadilan tanpa orang yg bersangkutan (kerabat kita) tanda tangan langsung di depan dia
moso ada orang ucluk ucluk dateng bawa tanda tangan orang yang sedang berperkara dalam hal yang sama dengan dia, dia ga ngecek dulu ke orangnya langsung buat konfirmasi, kira2 melanggar kode etik ngga bro kalo kyk gitu?

mungkin abis selesai perkara ini kita malah mau laporin mereka (pengacara B & mantan karyawan kita) ke polisi karena indikasi mereka terlibat pidana pemalsuan tanda tangan kuat kan?tanda tangannya (tanda tangan si pengacara B & tanda tangan palsu kerabat kita) itu ada dalam 1 lembar yg sama & bersebelahan loh!

udah gitu si pengacara B ini suka bluffing2 ga jelas gitu lg, bilang si B ini di belakangnya ada orang kuat yg namanya ga bisa gw sebutkan disini lah, itu lah, pokoknya culas banget deh orangnya
Back to top Go down
View user profile
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 04, 2010 9:02 am

yapthiamhien wrote:
belum tentu. tapi kalo lu kasih putusan + lampiran duit segepok diangkatlah.... hehehehe

wah kalo yg itu paham lah bro, hahaha, tp lampiran uang segepok itu bukan untuk membenarkan yg salah loh melainkan melancarkan apa yg sudah dinyatakan sebagai kebenaran, hehehe

btw forum ini ngga bisa multi-quote ya?jd ngga enak kalo bales 1 1 ntr dikira nge junk lg gw
Back to top Go down
View user profile
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 04, 2010 9:09 am

btw gw taruh lg di page 2, biar pada ngga kelewatan baca, maap loh ini bukan nge junk, biar pada ngga kelewatan baca aja, mohon maap kalau tdk berkenan Sad

bozchan wrote:
combrozero wrote:
tp dengan dasar Surat Keputusan Pengadilan itu BPN harus mau buka blokir kan?

tapi kalo putusan tsb di lawan ama B bakalan macet lagi, tambah ribet spt apa yg di blg yap....

kalo B&C sm2x itikad baik, udah coba jalur non litigasi? biasanya lebih efektif n murah lho....

kalo seandainya B mau ngelawan putusan pengadilan / mau nuntut kita atas dasar apa bro?
kita kan sebenernya ngga ada hubungan sama B, kita beli asset A, sedangkan tuntutan si B kan uang bukan asset tsb, sedangkan tuntutan kita kan yg emang asset tsb

seharusnya kalo B mau nuntut tuntut lg aja A dong, tuntut uang ato cari asset A yg laen untuk dia sita jaminan karena asset A yg ini kan udah kita beli sebelum tanggal terjadinya perkara
kalo dia mau nuntut kita atas dasar apa ya?

wah kalo jalan musyawarah si kyknya ngga deh, karena pihak B kliatannya ga ada itikad baik & pengacara nya culas banget

jd ada kejadian gini:
tanda tangan kerabat kita itu pernah dipalsuin sama mantan karyawan kita, & dia buat surat kalo mantan karyawan kita udah diberi kuasa untuk membuat perdamaian dengan pihak B mengenai perkara perdata kita itu
trus pengacara B ini buat surat ke kepala pengadilan & majelis hakim kalo dalam perkara ini pihak kita dengan pihak C sudah ada kesepakatan jadi meminta pengadilan untuk menghentikan perkara tsb
& di akhir surat nya itu ada tanda tangan si pengacara B dengan tanda tangan palsu kerabat kita dalam 1 lembar
secara logika sebagai pengacara professional ga mungkin dong dia buat surat ke pengadilan tanpa orang yg bersangkutan (kerabat kita) tanda tangan langsung di depan dia
moso ada orang ucluk ucluk dateng bawa tanda tangan orang yang sedang berperkara dalam hal yang sama dengan dia, dia ga ngecek dulu ke orangnya langsung buat konfirmasi, kira2 melanggar kode etik ngga bro kalo kyk gitu?

mungkin abis selesai perkara ini kita malah mau laporin mereka (pengacara B & mantan karyawan kita) ke polisi karena indikasi mereka terlibat pidana pemalsuan tanda tangan kuat kan?tanda tangannya (tanda tangan si pengacara B & tanda tangan palsu kerabat kita) itu ada dalam 1 lembar yg sama & bersebelahan loh!

udah gitu si pengacara B ini suka bluffing2 ga jelas gitu lg, bilang si B ini di belakangnya ada orang kuat yg namanya ga bisa gw sebutkan disini lah, itu lah, pokoknya culas banget deh orangnya
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 04, 2010 1:18 pm

gak bisa multiquote maklum forum gretongan, sarana ngegosip ajah hehehe....

emm... gmn kl coba lu susun lagi scr runtut kronologisnya dari ujung rambut sampek ujung kaki, jgn bolong2x bentar2 nambah ini nambah itu,perhatiin juga penggunaan kata: "gugat","nuntut","kita" dan para pihaknya. jgn sampe kebolak balik gitu, syukur2x ada keterangan waktunya, gw yakin kok lu bisa bikin resume nya, semcam bikin LO gitu laa...
Back to top Go down
View user profile
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Fri Nov 05, 2010 6:20 am

damn udah ngetik panjang2 keapus, terpaksa mulai dr awal...
sorry bro2 kalo kurang jelas, sekarang gw coba buat lg kronologis nya
disini gw ga akan menggunakan 'kita' melainkan 'A', 'B' & 'C'

Kronologis:

Januari 2009:
  • Terjadi transaksi antara C dengan A tentang asset milik A, surat2 kemudian dipegang oleh C (belum di AJB kan, melainkan kuasa jual)


September 2009:
  • Saat C melakukan pengecekan atas asset tsb ternyata asset tsb sudah diblokir oleh BPN karena ada gugatan oleh B terhadap A yang mana keputusan pengadilannya antara lain:

Quote :
  1. A terbukti melakukan penggelapan terhadap sejumlah uang yang dimiliki B
  2. Asset A tersebut dijadikan sita jaminan karena kerugian yang ditimbulkan A terhadap B
  3. NB: A sama sekali tidak hadir dalam sidang pengadilan
  • A tidak diketahui rimbanya


November 2009:
  • Akhirnya C berhasil menemui A & atas desakan C, A menunjuk kuasa hukumnya untuk melakukan sanggahan atas gugatan tsb dengan mengajukan bukti2 baru dan mempertanyakan keputusan pengadilan karena terdapat beberapa kejanggalan, diantaranya:

  1. jarak antara pemanggilan pertama dengan kedua hanya berjarak 14 hari yang mana hal tersebut tidak sesuai dengan syarat pemanggilan yang patut yang menurut peraturan minimal harus berjarak 30 hari
  2. jarak antara pemanggilan kedua dengan ketiga juga hanya berjarak 14 hari

  • A menghilang lg


Februari 2010:
  • C mengajukan gugatan terhadap A atas asset tersebut


Agusutus 2010:
  • Terjadi pemalsuan tanda tangan C oleh persekongkolan yang diduga dilakukan oleh pengacara B dengan mantan karyawan C (dengan kronologis seperti yang telah gw sebut dipost sebelumnya)
  • Pengacara B lalu mengirim surat tersebut ke pengadilan yang memohon agar gugatan C terhadap A dibatalkan karena sudah tercapai perdamaian antara B dengan C
  • C mengetahui tindak pemalsuan tanda tangan tersebut lalu mengirim surat ke pengadilan melalui kuasa hukumnya untuk menjelaskan bahwasanya surat tersebut tidak sah karena tanda tangan C dipalsukan, dan juga mengirim surat peringatan kepada pengacara B
  • Pengadilan tidak menggubris surat tersebut dan perkara tetap berjalan sebagaimana mestinya
  • Tindakan pemalsuan tersebut belum dilaporkan kepada kepolisian


September 2010:
  • Perkara telah selesai dan pengadilan memutuskan diantaranya:

Quote :
  1. C merupakan satu satunya pembeli diatas tanah sengketa tersebut
  2. C merupakan pembeli yang beritikad baik dan patut mendapat perlindungan hukum
  3. Kuasa jual yang dimiliki C adalah sah menurut hukum, mengikat antara A & C dan dapat digunakan untuk balik nama asset tersebut ke atas nama C
  4. Menghukum kepada tergugat dan atau siapapun yang mendapat hak dari nya untuk menyerahkan asset tersebut kepada C tanpa beban apapun yang mana bila perlu pelaksanaannya mendapat bantuan dari alat negara

nah gmn bro jelas ga kronologisnya?
dengan berbekal SK pengadilan tsb C bisa buka blokir & balik nama asset tsb ke atas nama C kan ya?

Thanks
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Fri Nov 05, 2010 6:55 am

pertanyaan gw:

mengenai putusan awal:

1. pemalsuannya udah dilaporin apa blum?
2. putusan pertama (yg menguntungkan si B) itu putusan sela apa putusan akhir. setau gw putusan mengenai sita jaminankan cuman di putusan sela doank. trus apakah putusan ini sdh inkracht? i.e. tidak ada banding.
3. si C mengajukan perlawanan pihak ketiga (lupa istilah hknya) di perkara si A dan si B nggak?

putusan kedua:
1. sudah inkracht blum? apkh si B mengajukan perlawanan pihak ketiga apa nggak?
2. di gugatannya ada minta kalo sita jaminan di atas asetnya diangkat nggak?
3. logikanya sih kalo putusannya udah berbunyi:
"Menghukum kepada tergugat dan atau siapapun yang mendapat hak dari nya untuk menyerahkan asset tersebut kepada C tanpa beban apapun yang mana bila perlu pelaksanaannya mendapat bantuan dari alat negara"

harusnya udah bisa dieksekusi (assuming putusannya udah final). pls CMIIW soalnya gw jg nggak paham2 bgt masalah beginian.

selain diatas, di Perjanjian jual beli tanah antara si A dan Si C ada klausul representation yg menyatakan kalo si A menjamin tanahnya bebas dr security, etc? kalo ada gw rasa lo bisa juga kejar ganti rugi ke si A in case tanahnya nggak dapet.


Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Fri Nov 05, 2010 8:10 am

First thing first. Itu ajb, ppjb, atau kuasa jual?

Terus, kata siapa jangka waktu panggilan 30 hari? Dan ga boleh 14 hari?

Btw, itu verstek ya putusannya?
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Sat Nov 06, 2010 12:52 am

putusan pertama adalah putusan sela nampaknya, dan perkara masih berjalan krn A melakukan perlawanan.

di tengah jalan C gugat A, tanpa turut tergugat B,

B~penggelapan oleh A
C~pemalsuan oleh pihak B

yg menurut gw menarik malah putusan pengadilan poin ke 4

combrozero wrote:


4. Menghukum kepada tergugat dan atau siapapun yang mendapat hak dari nya untuk menyerahkan asset tersebut kepada C tanpa beban apapun yang mana bila perlu pelaksanaannya mendapat bantuan dari alat negara


dgn kuasa jual si C bisa mendapat posisi seakan2x itu AJB, hehehehe.....
Back to top Go down
View user profile
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 11, 2010 3:21 am

guys sorry nih baru bales, mesti keluar kota kmrn2, ada perkembangan baru lg nih, nanya2 lg boleh ya

kodokgosong wrote:
pertanyaan gw:

mengenai putusan awal:

1. pemalsuannya udah dilaporin apa blum?
2. putusan pertama (yg menguntungkan si B) itu putusan sela apa putusan akhir. setau gw putusan mengenai sita jaminankan cuman di putusan sela doank. trus apakah putusan ini sdh inkracht? i.e. tidak ada banding.
3. si C mengajukan perlawanan pihak ketiga (lupa istilah hknya) di perkara si A dan si B nggak?

putusan kedua:
1. sudah inkracht blum? apkh si B mengajukan perlawanan pihak ketiga apa nggak?
2. di gugatannya ada minta kalo sita jaminan di atas asetnya diangkat nggak?
3. logikanya sih kalo putusannya udah berbunyi:
"Menghukum kepada tergugat dan atau siapapun yang mendapat hak dari nya untuk menyerahkan asset tersebut kepada C tanpa beban apapun yang mana bila perlu pelaksanaannya mendapat bantuan dari alat negara"

harusnya udah bisa dieksekusi (assuming putusannya udah final). pls CMIIW soalnya gw jg nggak paham2 bgt masalah beginian.

selain diatas, di Perjanjian jual beli tanah antara si A dan Si C ada klausul representation yg menyatakan kalo si A menjamin tanahnya bebas dr security, etc? kalo ada gw rasa lo bisa juga kejar ganti rugi ke si A in case tanahnya nggak dapet.



putusan awal:
1. tindakan yg diduga pemalsuan oleh pengacara B belum dilaporkan oleh C ke polisi
2. kalo putusan pengaddilan yg pertama (gugatan B ke A) gw ga tau deh itu, tp logika nya harusnya belum inkracht ya karena kalo itu udah inkracht harusnya C udah ga bisa lg dong mengajukan gugatan atas objek yg sama, gmn bro?
3. C ga melakukan perlawanan di perkara gugatan B ke A

putusan ke 2:
1. belum inkracht bro karena ternyata B mengajukan perlawanan pihak ke 3.
2. ngga
3. bunyi keputusan nya sih udah begitu bro, nah tapi ini kan masih verzet, kira2 BPN mau eksekusi ato mesti tunggu gugatan selsei dulu ya?

oh ya ada perkembangan baru nih, ternyata C baru tau kalo B itu illegal (B adalah orang asing, tp visa nya dia bukan visa yang mengizinkan dia untuk ber bisnis di sini alias ga punya KITAS) itu C baru tau jg dari kuasa hukumnya. berarti kan dasar gugatan dia ke A jd gugur semua dong, krn orang asing yg ga punya KITAS kan ga seharusnya boleh mengadakan perjanjian bisnis.

nah kira2 dengan status illegalnya dia berarti kan perlawanan dia ke C jd ga relevan dong karena dasar gugatan atas objek A aja udah salah karena dia illegal, gmn bro?
NB: posisi B sekarang ngga di Indonesia, yg ngajuin gugatan kuasa hukumnya

dengan status illegalnya itu kira2 kapan ya putusan pengadilan gugatan C ke A bisa inkracht?sidang perlawanan B ke C sih awal2 desember, apa mesti nunggu sidang nya itu selsei dulu ya?
Back to top Go down
View user profile
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 11, 2010 3:24 am

yapthiamhien wrote:
First thing first. Itu ajb, ppjb, atau kuasa jual?

Terus, kata siapa jangka waktu panggilan 30 hari? Dan ga boleh 14 hari?

Btw, itu verstek ya putusannya?

kuasa mutlak untuk bertindak untuk dan atas nama

hmm itu sih sanggahannnya dari pengacara A, emang boleh ya jangka waktu panggilan 14 hari?

yup, verstek

oya bro, dengan status illegal nya B (seperti yg gw tulis di post gw di atas) kira2 gmn ya?
Back to top Go down
View user profile
combrozero
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 13
Join date : 2010-11-03

PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Thu Nov 11, 2010 3:26 am

bozchan wrote:
putusan pertama adalah putusan sela nampaknya, dan perkara masih berjalan krn A melakukan perlawanan.

di tengah jalan C gugat A, tanpa turut tergugat B,

B~penggelapan oleh A
C~pemalsuan oleh pihak B

yg menurut gw menarik malah putusan pengadilan poin ke 4

combrozero wrote:


4. Menghukum kepada tergugat dan atau siapapun yang mendapat hak dari nya untuk menyerahkan asset tersebut kepada C tanpa beban apapun yang mana bila perlu pelaksanaannya mendapat bantuan dari alat negara


dgn kuasa jual si C bisa mendapat posisi seakan2x itu AJB, hehehehe.....

Kuasa mutlak untuk bertindak untuk dan atas nama bro

btw bro dengan ada nya perlawanan B terhadap gugatan C ke A, apa bisa buka blokir & balik nama ya?ato mesti nunggu perlawanan B selsei ulu?

oya dengan status B yg illegal (seperti yg gw tulis di post diatas) kira2 gmn ya bro?
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan   Today at 1:17 pm

Back to top Go down
 
Tanya mengenai penggelapan & sita jaminan asset & gugatan dr pihak lain setelah sita jaminan dikabulkan
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 2Go to page : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» Shares below Net Asset Value
» Investors now looking at alternative asset classes
» Interest Rate Risk (IRR) and Asset Liability Management (ALM)
» Sri Lanka Asia Asset share issue closes
» "Understanding Asset Classes – Must Read for Stock Investors"

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: