Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
iyo
Senior Legal Assistant


Posts : 168
Join date : 2010-12-22

PostSubject: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Wed Dec 22, 2010 12:44 am

abang-abang yang terhormat, mau nanya niy sejauh mana siy uu tipikor itu mencakup?selama ini yang gw tau kan korupsi itu hanya sebatas kepada penggunaan keuangan negara, belom kepada tahap penerimaan negara.

di UU perpajakan yang baru pun, hanya sebatas pegawai neger yang bisa langsung ditarik ke tindak pidana korupsi, terus gimana dengan pihak swasta?

mohon bantuannya ya bang...
Back to top Go down
View user profile
jakasembung@law
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 143
Join date : 2010-10-04

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Wed Dec 22, 2010 6:51 pm

iyo wrote:
abang-abang yang terhormat, mau nanya niy sejauh mana siy uu tipikor itu mencakup?selama ini yang gw tau kan korupsi itu hanya sebatas kepada penggunaan keuangan negara, belom kepada tahap penerimaan negara.

di UU perpajakan yang baru pun, hanya sebatas pegawai neger yang bisa langsung ditarik ke tindak pidana korupsi, terus gimana dengan pihak swasta?

mohon bantuannya ya bang...

kita sama2 aja cari taunya, kebetulan sedang dan baru saja baca tentang penerapan UU TIPIKOR dan UU Khusus (pajak dan perbankan).

1. coba liat dulu definisi keuangan negara di UU ttg keuangan negara?
2. pasal 2 UU Tipikor secara teori adalah mencakup swasta, jadi sudah terjawab.

menjadi pertanyaan selanjutnya?

penyusunan dakwaan yang seperti apa yang seharusnya dibuat oleh JPU? apabila berkaitan dengan pegawai bank/pajak?

sedikit dulu, dilanjut......

Back to top Go down
View user profile
iyo
Senior Legal Assistant


Posts : 168
Join date : 2010-12-22

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Wed Dec 22, 2010 9:25 pm

akhirnya ada yang jawab juga,,,,hehehe

sekarang kan yang diatur dalam uu perpajakan mengenai sanksi bagi wajib pajak adalah sanksi bunga, sanksi denda, maupun sanksi kenaikan. di uu sendiri itu pun tidak ada ketentuan bagi siapapun orangyang "menggelapkan pajak" bisa dikenakan dalam salah satu pasal di uu tipikor, kalo untuk pegawai pajaknya sih udah jelas diatur bisa dikenakan pasal 12 uu tipikor.

keuangan negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang
dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun
berupa barang yang dapat dijadikan milik negara berhubung dengan
pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut (Pasal 1 angka 1).

dalam pajak sendiri, ada yang namanya istilah tax evasion, atau penghindaran pajak yang tidak sesuai dengan ketentuan legal, nah itu sanksinya cuma bunga, denda, atau berupa kenaikan aja.

di dalam pajak pun kalo misalnya mereka udah bayar sanksi2 tersebut, mereka bebas dari hukuman. tapi di uu tipikor sendiri dikatakan Pengembalian kerugian keuangan negara atau perekonomian negara tidak
menghapuskan dipidananya pelaku tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dan Pasal 3.

sekarang kalo ada 2 uu yang mengatur, disatu sisi pengen menjerat korupsi, disatu sisi pengen dapet uang untuk budjetair yang mana yang harus dipilih ya?

pertanyaan yang kedua adalah sampai sejauh mana sih uu tipikor bisa narik orang yang ngemplang pajak, secara udah rahasia umum banget deh kalo banyak perusahaan suka gelapin pajak

makasi agan2 yang udah mau jawab
Back to top Go down
View user profile
jakasembung@law
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 143
Join date : 2010-10-04

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Thu Dec 23, 2010 2:01 am

kalu masalah 2 UU itu secara teori yah menganut lex specialis der. generali gitu dah

perdebatan menenai sanksi di UU pajak dan sanksi pidana di tipikor itu memang panjang mas.. prof2 aja dah yang nanti lakuin penemuan hukumnya yah..

biasanya secara teori pakai Pasal 2 UU tipikor mas.. yang ane ngak tau gimana penyusunan dakwaannya gitu loh.. hhehee....
Back to top Go down
View user profile
iyo
Senior Legal Assistant


Posts : 168
Join date : 2010-12-22

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Mon Dec 27, 2010 12:18 am

nah itu sebenernya siy pengen jadi issue yang gw angkat buat skripsi, hehehe tapi bingung ngangkatnya gimana. makanya perlu pencerahan agan2 sekalian
Back to top Go down
View user profile
jakasembung@law
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 143
Join date : 2010-10-04

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Mon Dec 27, 2010 7:34 am

yasud kalu pusing jangan dijadiin isu. hehehe...

tapi bisa saja soal "PASAL 2 UU TIPIKOR" apakah dapat diterapkan terhadap kejahatan di bidang2 tertentu (pajak, perbankan, pasar modal, dlsbnya)

itu teorinya apa yah? hmm...

tapi kalu elu bikin skripsi berarti nanti pasa ambil Phd.. kudu lebih tinggi lagi...=D
Back to top Go down
View user profile
iyo
Senior Legal Assistant


Posts : 168
Join date : 2010-12-22

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Mon Dec 27, 2010 11:31 pm

jiahhhh,,,udah maen Phd aje...hahaha

sebenernya ini pengen banget gw angkat, karena pokok permasalahan yang diangkat kan cukup menarik, gimana tingkat korupsi pun bisa aja dikenakan waktu masuk di tingkat penerimaan negara, tapi takutnya pas gw bahas malah jadi cupu...hahahaha makanya nih kali aja agan2 disini ada yang pernah nanganin kasus korup, apalagi korupnya pegawai pajak kan tuh, sape tau ada inpoh2 laen. secara disini agan2 ilmunya tokcerrrrr bin mangstapppp




Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Tue Dec 28, 2010 12:04 am

kata dosen2 pidana lo gimana? klo buat skripsi mah mending sekalian discuss ama mereka, apa mereka punya insight ebrbeda... kalo hoki malah elo langsung dikasi bahan ama akses ke orang/bahan yg lo perlu... (+dapet pembimbing juga)
Back to top Go down
View user profile
iyo
Senior Legal Assistant


Posts : 168
Join date : 2010-12-22

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Tue Dec 28, 2010 12:16 am

nah, sebelom gw nanya2 trus dibantai ama tuh dosen, makanya lagi nyari2 inpo ama sesepuh lawyer disini, daripada malah konyol kan. hahahaha

tapi selama ini belom ada kan ya pihak swasta yg terkait korupsi karena penggelapan pajak?

makasi banyak niy agan2 disini baek bener dah, udah mau ngeladenin
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Tue Dec 28, 2010 1:03 am

emm... word of advice yah, selama posisi lo masih mahasiswa dan beliau2 itu dosen (dosen beneran ya bukan dosen karbitan yg ga peduli ama mahasiswanya).. mau betapa sempurna proposal lo pun elo bakal tetep dibantai juga gitu... ga bakal lo bisa menghindar... Very Happy makanya dosen jangan dimusuhin.. dideketin duoong Very Happy
Back to top Go down
View user profile
jakasembung@law
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 143
Join date : 2010-10-04

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Tue Dec 28, 2010 1:31 am

iyo wrote:
jiahhhh,,,udah maen Phd aje...hahaha

sebenernya ini pengen banget gw angkat, karena pokok permasalahan yang diangkat kan cukup menarik, gimana tingkat korupsi pun bisa aja dikenakan waktu masuk di tingkat penerimaan negara, tapi takutnya pas gw bahas malah jadi cupu...hahahaha makanya nih kali aja agan2 disini ada yang pernah nanganin kasus korup, apalagi korupnya pegawai pajak kan tuh, sape tau ada inpoh2 laen. secara disini agan2 ilmunya tokcerrrrr bin mangstapppp


gue singgung Phd karena isu yang diangkat itu levelnya pemahaman teori secara mendalam (Philosophy mangkane Phd gitu bung) yang namanya lex supreme speciale der.. lex generale.. gue pasti salah nulis neh... ngak canggih sih.. :=D


neh gue kasih referensi yang gue tau ye:
1. desertasi perbuatan melawan hukum yang baru2 ini (kampus depok)
2. desertasi dr juga tentang putusan2 korupsi baru2 ini juga (kampus tangerang)
gak tau dijual atau ngak tuh???


cukup kan.. bounce
good luck Question
Back to top Go down
View user profile
iyo
Senior Legal Assistant


Posts : 168
Join date : 2010-12-22

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Wed Dec 29, 2010 9:24 pm

Wedeh, ternyata gitu toh maksud si agan. udah masuk ranah filosofi yak. ahahaha

kampus depok tuh UI?okeh, nanti deh gw cari di kampus. mudah2an ada di perpus fh.

Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Wed Jan 12, 2011 3:28 am

numpang nyimak ya agan2x, kagak ngerti soal tipikor Sad

katanya sistem perpajakan indo kedepan ngiblat ke IRS ya ?
cuman untuk sekarang untuk WP masi menganut "self assesment" ?
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Wed Jan 12, 2011 8:38 am

harusnya sih iya, sekarang kan WP individi kucrut ga terlalu disorot, belom jadi prioritas...
tapi asliiiii ga percaya dah ama kualitas auditor pajak kita kalo disuruh handle pajak individual Very Happy IRS aja masi sering salah Razz
Back to top Go down
View user profile
iyo
Senior Legal Assistant


Posts : 168
Join date : 2010-12-22

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Mon Jan 17, 2011 4:00 am

sori gan, IRS apaan ya? kayak-kayaknya siy auditornya kurang ciamik. lah wong temen ane yang kerja di konsultan pajak aja cerita sebagian besar banding pajak pasti menang si WP
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Mon Jan 17, 2011 4:45 am

@deep: nah seharusnya permasalahan yg diajukan TS ada titik terang donk Razz
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: [ASK] UU Tipikor vs UU pajak??   Today at 1:09 am

Back to top Go down
 
[ASK] UU Tipikor vs UU pajak??
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: