Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Contoh Kasus Gadai Rekening

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2
AuthorMessage
pinolo
Senior Legal Assistant


Posts : 244
Join date : 2010-04-29
Location : In a Box full of LEGO bricks

PostSubject: Re: Contoh Kasus Gadai Rekening   Thu Mar 24, 2011 9:14 am

ardyjabar wrote:
Topmen wrote:

dan yg lebih gw bingung lagi, tadi ada istilah gadai deposito sama gadai rekening..perbedaannya apa dan bagaimana implementasinya?
terimakasih kpd para lawyer2 atas perhatiannya.
gadai deposito= nasabah menyerahkan biliyet deposito kepada kekuasaan pemegang gadai (bisa bank penerbit bilyet, juga bisa tidak) sebagai jaminan pelunasan utangnya.
kalau nilai depositonya lebih atau sama dengan nilai kredit biasanya disebut kredit "back to back".

kalau gadai rekening gw jg masih nunggu jawaban para suhu nich....

kalo ga nyerahin bilyet tapi cuma nyebutin nomor bilyet di surat kuasa blokir, buka blokir, cair, dan debit ga??

kl gw jadi bank,,ngapain gw nyimpen tuh bilyet?? risiko boss...knp2 (tsunami, kebakaran) rempong...kuasa kayak gitu kan cukup....

lagian kalo megang bilyet, trus bisa cairin gitu aja??
Back to top Go down
View user profile
vandit
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-05-23

PostSubject: ...   Thu Mar 24, 2011 10:19 am

iya cessie rekening.... in a lot of case... escrow account.... jadi debitur bakal kasih SI ke debitur2nya dia untuk bayar ke satu rekening escrow yang udah di cessie,,,, tar bank yang bagi2 uang yang masuk di escrow itu.... mana untuk cicilan mana untuk dibalikin ke rekening aktif debitur...
Back to top Go down
View user profile
vandit
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-05-23

PostSubject: ...   Thu Mar 24, 2011 10:30 am

kalo di bank tempat gw kerja dulu,kita sebut aja bank a... deposito yang bisa digadai ya deposito dari bank a itu... jadi deposito bank lain nga diterima.... kenapa? karena bilyet depo bank lain si debitur bisa aja lapor ilang dan terbit bilyet baru.... dicairin deh... Smile

iya,dengan megang bilyet ya bisa cairin depo nya

kalo soal resiko ya bank emang punya resiko nyimpen jaminan ... sertifikat,bpkb dll.... bank juga jual jasa SDB kan... tapi kan bank punya standart khusus untuk ruangan khasanah dan ruangan SDB nya (ruang khasanah = ruang nyimpen jaminan dan dokumen kredit para debiturnya)

kalo soal SI sebetulnya bukan terkait pimpro aja... sederhananya ya seperti penjelasan gw.. debitur ngasih SI ke debitur2nya dia bahwa untuk pembayaran dibayarkan ke rekening tertentu yang udah di cessie tadi.... jadi biar bank bisa monitor keuangan debitur dan mengalokasiin pembayaran cicilan... kalo di tempat gw karena jaminan sebagian besar berupa AR ya SI jadi penting artinya ya.. walau banyak juga debitur nakal yang kemudian kode'in lagi ke debiturnya bayar ke rekening lain.... toh debiturnya si debitur bank nga terikat apa2 sama bank...



Last edited by vandit on Thu Mar 24, 2011 10:37 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
View user profile
vandit
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-05-23

PostSubject: Re: Contoh Kasus Gadai Rekening   Thu Mar 24, 2011 10:36 am

kodokgosong wrote:


ic..sebernya deposito ini masuk kategori benda bergerak kan? apa alesannya fidusia dilarang. bukannya lebih aman tuh ke register di dephumkam dr pd bawah tangan gt.

fidusia kan untuk ngiket jaminan yang penguasaannya masih di tangan debitur.... yang dipindahkan ke bank hanya hak nya.... kalo deposito masih di tangan debitur bisa dicairin dong,bank nga megang apa2.... toh deposito sebetulnya kan cuma kertas... tapi kan nilai uang yang ada di dalem deposito itu yang sebetulnya diiket dengan gadai.... balik lagi kayak postingan gw sebelomnya.. sebetulnya uangnya juga udah dipegang ama bank.... karena bank cuma terima deposito bank dia sendiri sebagai jaminan... depo bank lain nga akan diterima sebagai jaminan...
Back to top Go down
View user profile
ardyjabar
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 112
Join date : 2011-02-21
Location : bandung

PostSubject: Re: Contoh Kasus Gadai Rekening   Thu Mar 24, 2011 8:54 pm

kodokgosong wrote:


ic..sebernya deposito ini masuk kategori benda bergerak kan? apa alesannya fidusia dilarang. bukannya lebih aman tuh ke register di dephumkam dr pd bawah tangan gt.

yup deposto masuk kategori benda bergerak tak berwujud
kenapa gadai deposito dibawah tangan/

ya karena lebih praktis, toh gadai deposito tidak berdiri sendiri, perlu ditambah dengan kuasa mencairkan tanpa syarat apapun apabila nasabah default.
plus ditambah dana depositonya khan ada di bank sendiri (controlled).
Back to top Go down
View user profile
ardyjabar
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 112
Join date : 2011-02-21
Location : bandung

PostSubject: Re: Contoh Kasus Gadai Rekening   Thu Mar 24, 2011 8:57 pm

pinolo wrote:


kalo ga nyerahin bilyet tapi cuma nyebutin nomor bilyet di surat kuasa blokir, buka blokir, cair, dan debit ga??

lagian kalo megang bilyet, trus bisa cairin gitu aja??

1. syarat gadai harus bin wajib menyerahkan objek gadai
2. klo cuma megang ya ga bisa cair gan, syaratnya harus terpenuhi yaitu:
-ada surat kuasa dari nasabah mengenai pencairan deposito untuk melunasi utangnya
- nasabah default
Back to top Go down
View user profile
ardyjabar
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 112
Join date : 2011-02-21
Location : bandung

PostSubject: Re: Contoh Kasus Gadai Rekening   Thu Mar 24, 2011 9:02 pm

vandit wrote:
kalo di bank tempat gw kerja dulu,kita sebut aja bank a... deposito yang bisa digadai ya deposito dari bank a itu... jadi deposito bank lain nga diterima.... kenapa? karena bilyet depo bank lain si debitur bisa aja lapor ilang dan terbit bilyet baru.... dicairin deh... Smile


secara prinsip bisa bro, tapi ada syaratnya, nasabah harus menyerahkan surat kuasa pencairan depo kepada bank, terus bank dimana bilyet deposito tsb diterbitkan harus mengetahui hal tsb secara tertulis.

Back to top Go down
View user profile
pinolo
Senior Legal Assistant


Posts : 244
Join date : 2010-04-29
Location : In a Box full of LEGO bricks

PostSubject: Re: Contoh Kasus Gadai Rekening   Thu Mar 24, 2011 10:44 pm

ardyjabar wrote:
pinolo wrote:


kalo ga nyerahin bilyet tapi cuma nyebutin nomor bilyet di surat kuasa blokir, buka blokir, cair, dan debit ga??

lagian kalo megang bilyet, trus bisa cairin gitu aja??

1. syarat gadai harus bin wajib menyerahkan objek gadai
2. klo cuma megang ya ga bisa cair gan, syaratnya harus terpenuhi yaitu:
-ada surat kuasa dari nasabah mengenai pencairan deposito untuk melunasi utangnya
- nasabah default

memang...stuju soal wajib menyerahkan... tapi maksud gw lebih ke ga cuma nyerahin fisik doank... percuma aja nyerahin bilyet, nanti kalo default, mau cairin gimana?? (kalo ga ada kuasa) tanpa ada kuasa yg gw sebut, ribet kan? bank eksekusi gitu aja, jadi ga berhak...
Back to top Go down
View user profile
vandit
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2010-05-23

PostSubject: ...   Fri Mar 25, 2011 12:04 am

gadai deposito tentu saja harus ada kuasa cair... sama seperti kita ke pegadaian pasti di belakang surat gadai ada kuasa jual....
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Contoh Kasus Gadai Rekening   Today at 4:33 am

Back to top Go down
 
Contoh Kasus Gadai Rekening
View previous topic View next topic Back to top 
Page 2 of 2Go to page : Previous  1, 2

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: