Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Solusi penarikan modal Investasi?

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
agung
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 3
Join date : 2011-07-14

PostSubject: Solusi penarikan modal Investasi?   Thu Jul 14, 2011 1:40 am

Om dan Tante, mo tanya nih, sy ada investasi ke salah satu CV yg di pimpim oleh Mrs. L , nilai invesnya masih di bawah 50 jt,(setelah di hitung2 dng keuntungan, modal belum balik 100%) tp dengar2 juga, bahwa CV itu mengelola uang investor hampir 2 M dan sudah bbrp bulan ini sy tidak mendapat laba atau keuntungan yg katanya, kondisi CV sedang goyah, akhirnya sy mau tarik modal sy, tapi kok susah banget ya ...,
pertanyaan saya :
1. Bisa ga di sebutkan kalo Mrs L itu menjadi punya hutang terhadap saya .?
2. cara apa yg bisa saya lakukan agar dana sy cepat di kembalikan ..?
3. setiap x sy menagih, jawabannya selalu tar sok melulu,terkadang dia suka ngancam uang ga akan di kembalikan
4. kalo sy mengambil harta benda yg ada di rumahnya, hal itu dibenarkan ga ya .?
5. kalo mengikuti perjanjian, jelas2 dia telah melanggar, karena tidak bisa mengembalikan modal dalam tempo 1 bulan, tdk membayar bunga atas keterlambatan membayar laba, dan tidak ada penyelesaiaan secara kekeluargaan
6. mohon usulan dan saran dari om dan tante, serta referensi yg berhubungan denga masalah diatas jika ada.
7. cara apa yg terbaik yang bisa sy lakukan


trimakasih atas jawababbya[b]
Back to top Go down
View user profile
ivan_azlia
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 6
Join date : 2011-02-07
Location : Jakarta

PostSubject: Re: Solusi penarikan modal Investasi?   Mon Jul 18, 2011 3:55 am

anda berinvestasi dengan cara bagaimana tidak dijelaskan.
apakah meminjamkan uang atau sebagai salah satu anggota persekutuan.
Jika anda sebagai salah satu anggota seharusnya anda berhak atas laporan keuangan dari kegiatan CV tersebut.
lihat aja di ADRT nya. disitu biasanya diatur secara jelas detailnya.

jika hanya melalui perjanjian.. mungkin saja anda teorinya memberi piutang kepada Mrs.L
Back to top Go down
View user profile
patora
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 35
Join date : 2011-03-31
Age : 26
Location : jakarta

PostSubject: Re: Solusi penarikan modal Investasi?   Mon Jul 18, 2011 5:50 am

Gw nubi nih ya bung...tapi gw coba jawab..

hakikatnya investasi sama utang tuh beda banget bung...
1. kalo inves bisa untung bisa rugi (karena sifatnya penyertaan)...kalo utang emang harus dibalikin dan ada bunga
2. karena kasus bung itu cv, ente pastikan dulu kedudukan bung sebagai apa? nyetor duit doang kah?
3. penyertaan ente (kalo itu cv) ya ga bisa balik kalo cv emang rugi, itu udah resiko investasi kan. paling minta transparansi penggunaan modal punya situ aja ke pengurus.
4. kayanya ga bisa deh maen ambil barang di rumah orang, mesti ada putusan pengadilan.
5. cara terbaik ke law firm beneran terus minta legal advice beneran

CMIIW yah, ini ga dimaksudkan sebagai legal advice, cuma share-share aja
Back to top Go down
View user profile
agung
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 3
Join date : 2011-07-14

PostSubject: Re: Solusi penarikan modal Investasi?   Mon Jul 18, 2011 10:52 pm

ivan_azlia wrote:
anda berinvestasi dengan cara bagaimana tidak dijelaskan.
apakah meminjamkan uang atau sebagai salah satu anggota persekutuan.
Jika anda sebagai salah satu anggota seharusnya anda berhak atas laporan keuangan dari kegiatan CV tersebut.
lihat aja di ADRT nya. disitu biasanya diatur secara jelas detailnya.

jika hanya melalui perjanjian.. mungkin saja anda teorinya memberi piutang kepada Mrs.L

Om Ivan, trimkasih atas respon yg baik ini, dan sedikit sy coba mau menambahkan penjelasannya

- CV tersebut katanya bergerak di bidan sembako (beras)

-
Investasinya sy hanya menyetorkan sejumlah dana, dan dari dana tersebut, sy akan mendapatkan keuntungan sebesar 10% dari jumlah dana yg sy setorkan.
- dan sy rasa, sy bukan dari anggota persekutuan, karena sy tidak pernah di beritahu mengenai ADRT nya dan juga tempat dia beraktifitasnya.
- isi dari perjanjian tersebut diantaranya, pemulangan modal akan dikembalikan 1 bulan berikutnya, jika pemberian profit terlambat maka akan ditambahkan bunga (tidak terlaksana)

mungkin itu yg bisa sy tambahkan Om Ivan, sekali lg terimakasih atas masukan nya.
Back to top Go down
View user profile
agung
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 3
Join date : 2011-07-14

PostSubject: Re: Solusi penarikan modal Investasi?   Mon Jul 18, 2011 11:16 pm

patora wrote:
Gw nubi nih ya bung...tapi gw coba jawab..

hakikatnya investasi sama utang tuh beda banget bung...
1. kalo inves bisa untung bisa rugi (karena sifatnya penyertaan)...kalo utang emang harus dibalikin dan ada bunga
2. karena kasus bung itu cv, ente pastikan dulu kedudukan bung sebagai apa? nyetor duit doang kah?
3. penyertaan ente (kalo itu cv) ya ga bisa balik kalo cv emang rugi, itu udah resiko investasi kan. paling minta transparansi penggunaan modal punya situ aja ke pengurus.
4. kayanya ga bisa deh maen ambil barang di rumah orang, mesti ada putusan pengadilan.
5. cara terbaik ke law firm beneran terus minta legal advice beneran

CMIIW yah, ini ga dimaksudkan sebagai legal advice, cuma share-share aja

Om patora, trimakasih atas respon yg baik ini.
om patora, sepertinya kasus sy disini hanya nyetor duit aja, n tiap bulan dpt labanya, tp baru 5 bulan, dia ngaku2 cv da kolef Sad , trus kalo minta transparansi penggunaan modal, itu sifatnya hak untuk investor ya om,,?, bagaimana kalo mrs L tidak mau memberikannya..?

oh ya, kalo sy mau mempelajari kasus itu referensi nya dari mana ya ?
ok deh om patora, terimakasih atas saran dan masukannya.
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Solusi penarikan modal Investasi?   Today at 11:11 am

Back to top Go down
 
Solusi penarikan modal Investasi?
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: