Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 status DPO

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
dragontales
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 7
Join date : 2011-10-04

PostSubject: status DPO   Sat Oct 08, 2011 2:36 am

jika seseorang ditetapkan sebagai DPO apakah konsekuensinya?

bagi keluarga yang anggota keluarganya jadi DPO tanpa diberi surat pemberitahuan dari kepolisian. hanya ada surat panggilan beberapa kali.

apakah tersangka yang ditetapkan menjadi DPO karena tidak hadir dalam penyidikan tindak pidana tidak bisa bertransaksi ataupun menjual aset2nya di depan notaris ataupun melakukan oper kredit di depan leasing? mengingat tidak pemberitahuan tentang hak dan kewajiban status dpo ataupun pemberitahuannya.mengingat kurang mengerti hukum oleh karena itu bertanya pada kawan2 semua.

mohon jawabannya
Back to top Go down
View user profile
P21
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 48
Join date : 2011-05-03
Age : 29
Location : Tapanuli

PostSubject: Re: status DPO   Mon Oct 10, 2011 12:17 am

dragontales wrote:
jika seseorang ditetapkan sebagai DPO apakah konsekuensinya?

bagi keluarga yang anggota keluarganya jadi DPO tanpa diberi surat pemberitahuan dari kepolisian. hanya ada surat panggilan beberapa kali.

apakah tersangka yang ditetapkan menjadi DPO karena tidak hadir dalam penyidikan tindak pidana tidak bisa bertransaksi ataupun menjual aset2nya di depan notaris ataupun melakukan oper kredit di depan leasing? mengingat tidak pemberitahuan tentang hak dan kewajiban status dpo ataupun pemberitahuannya.mengingat kurang mengerti hukum oleh karena itu bertanya pada kawan2 semua.

mohon jawabannya

berbeda ranahnya gan, kalau DPO itu pidana sedangkan kalau bisa/tidak bertransaksi itu perdata. jadi kalau seseorang dalam status DPO, bukan berarti dia tidak bisa bertransaksi seperti yang agan sebutkan diatas. bisa saja kok, hanya lebih berhati-hati saja. kenapa saya bilang bisa, kembali lagi karena adanya ikatan dalam jual beli aset atau apapun adalah perjanjian, dan dan apa yang diperjanjiakan tersebut adalah hukum bagi para pihak, termasuk dengan pemberitahuan status DPO kepada calon pembeli aset tadi. maaf, kasarnya kita mau bilang, "lo kan tau gw DPO, terus kenapa lo tetep mau beli aset yang gw jual". dan selain alasan itu ada banyak alasan lain yang menyatakan bahwa seorang DPO tidak berarti tidak dapat melakukan perbuatan hukum perdata. kurang lebih begitu gan. semoga bisa membantu yaa..atau mungkin ada yang lebih tau..hehehe.
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: status DPO   Tue Oct 18, 2011 9:37 pm

dragontales wrote:
jika seseorang ditetapkan sebagai DPO apakah konsekuensinya?

bagi keluarga yang anggota keluarganya jadi DPO tanpa diberi surat pemberitahuan dari kepolisian. hanya ada surat panggilan beberapa kali.

apakah tersangka yang ditetapkan menjadi DPO karena tidak hadir dalam penyidikan tindak pidana tidak bisa bertransaksi ataupun menjual aset2nya di depan notaris ataupun melakukan oper kredit di depan leasing? mengingat tidak pemberitahuan tentang hak dan kewajiban status dpo ataupun pemberitahuannya.mengingat kurang mengerti hukum oleh karena itu bertanya pada kawan2 semua.

mohon jawabannya
IMHO.

konsekuensi DPO, kalo ketemu ditangkep. DPO belum berarti bersalah yah (walaupun dengan adanya status DPO lebih memberatkan dalam pembelaan). Hence, masalah penjualan asset, status DPO harusnya nggak jadi hambatan. Banyak kok DPO yg tetep melakukan transaksi di dalam dan luar negeri. Bahkan yg udah terpidana aja masih bisa melakukan transaksi provided transaksinya tidak bertentangan dengan hukum atau di larang oleh hukum di lakukan oleh terpidana itu. Contohnya yg dilarang: terpidana korupsi berusaha menjual aset hasil korupsinya.

Cuman ati2 kena Money Laundering. kalo mau transaksi, make sure kalo transaksinya nggak ada kaitannya sama kasus yg sedang dihadapin.
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: status DPO   Wed Oct 19, 2011 3:53 am

eh..eh... omong-omong soal DPO, saksi 2 kali panggil ga nongol kan bisa dibawa paksa berdasarkan 216. kalo nda ketemu masuk DPO ga sih?
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: status DPO   Wed Oct 19, 2011 4:01 am

bane wrote:
eh..eh... omong-omong soal DPO, saksi 2 kali panggil ga nongol kan bisa dibawa paksa berdasarkan 216. kalo nda ketemu masuk DPO ga sih?

Setau gw sih nggak otomatis. CMIIW, SPkan panggilan dengan perintah bawa paksa. Artinya polisi bisa paksa dia utk dtg kalo nggak dateng juga. Tapi nggak otomatis masuk DPO karena tergantung polisinya mau dimasukin apa nggak.
Btw, DPO harus tersangka dulu nggak sih? emang bisa gitu saksi jadi DPO?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: status DPO   Wed Oct 19, 2011 4:38 am

merephrase pertanyaan.... bounce
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: status DPO   Today at 4:37 am

Back to top Go down
 
status DPO
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» CSE Status
» Brazil Credit Rating Cut to Junk Bond Status
» Some ideas about current market situation
» Sri Lanka to expand Hambantota port with China loans
» Can Nonis be HC in UK and Mackwoods Chairman?

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: