Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 5, 6, 7 ... 11 ... 16  Next
AuthorMessage
chen21
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 4
Join date : 2010-08-20

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Fri Aug 20, 2010 9:29 pm

deepoceanblue wrote:
pertama2 gw ingetin: if its too good to be true, its probably not true.
ga usah pusing itu barang tadahan apa gga, mendingelo pusing udlu barangnya bakal beneran dateng apa ngga Laughing
klo emang itu dteng dan tnyata itu barang curian, dan elo disamperin plokis, elo ngeles macem apapun juga tetep aja bakal amsiong...

terima kasih atas jawabannya, meskipun pake surat pernyataan dari penjual diatas materai yang menyatakan kalau barang tersebut adalah bukan curian, tetap kena tuduhan sebagai penadah ya?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Fri Aug 20, 2010 10:40 pm

chen21 wrote:
minta masukannya. saya ditawari barang2 dengan seseorang yang tidak saya kenal, setelah mempertimbangkan harganya yang sangat murah dan bisa memenuhi berapapun permintaan saya, saya jadi pengen coba jual lagi barang2 itu. setelah orang itu pergi, saya jadi kuatir kalau barang yang orang ini jual adalah barang curian. yang ingin saya tanyakan adalah gimana caranya agar saya tetap bisa jual barang itu tapi kalau barang itu adalah barang curian, saya tidak akan di anggap sebagai penadah? terima kasih.
ini juragan gbc kaskus yah?
Back to top Go down
View user profile
chen21
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 4
Join date : 2010-08-20

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Fri Aug 20, 2010 10:43 pm

yapthiamhien wrote:
chen21 wrote:
minta masukannya. saya ditawari barang2 dengan seseorang yang tidak saya kenal, setelah mempertimbangkan harganya yang sangat murah dan bisa memenuhi berapapun permintaan saya, saya jadi pengen coba jual lagi barang2 itu. setelah orang itu pergi, saya jadi kuatir kalau barang yang orang ini jual adalah barang curian. yang ingin saya tanyakan adalah gimana caranya agar saya tetap bisa jual barang itu tapi kalau barang itu adalah barang curian, saya tidak akan di anggap sebagai penadah? terima kasih.
ini juragan gbc kaskus yah?

maaf, gbc itu apa?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Fri Aug 20, 2010 10:45 pm

chen21 wrote:
deepoceanblue wrote:
pertama2 gw ingetin: if its too good to be true, its probably not true.
ga usah pusing itu barang tadahan apa gga, mendingelo pusing udlu barangnya bakal beneran dateng apa ngga Laughing
klo emang itu dteng dan tnyata itu barang curian, dan elo disamperin plokis, elo ngeles macem apapun juga tetep aja bakal amsiong...

terima kasih atas jawabannya, meskipun pake surat pernyataan dari penjual diatas materai yang menyatakan kalau barang tersebut adalah bukan curian, tetap kena tuduhan sebagai penadah ya?
mana polisi percaya... Lagian si penjual emang mau sukarela dateng ke polisi, bilang kalo barang yg dia jual ke elu bukan curian? Kalo dia ngeles/kabur?
Back to top Go down
View user profile
chen21
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 4
Join date : 2010-08-20

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Fri Aug 20, 2010 10:48 pm

yapthiamhien wrote:
mana polisi percaya... Lagian si penjual emang mau sukarela dateng ke polisi, bilang kalo barang yg dia jual ke elu bukan curian? Kalo dia ngeles/kabur?

terima kasih. berarti tidak ada cara supaya bisa tetap jual beli tapi kalau itu barang curian tidak dituduh sebagai penadah ya?
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Mon Aug 23, 2010 3:44 am

deepoceanblue wrote:
baillian wrote:
deepoceanblue wrote:
berarti liability ke pelanggan ada di agentnya dong?

di indo sih seringnya gw temuin begitu,,

pas bgt nih gw dapet kerjaan marketing agent Agr tapi utk CPO, pake hukm indo tapi gw bikin liability nya di Principal,, naturenya tapi gw gak beli atau nyetok produknya, agent cuma cari buyer, setiap kegiatan termasuk utk bidding di confirm dulu sama principalnya

klo itu masuk ke komisioner/makelar yg di KUHD bukan si?
eh tapi klo semua bidding harus diconfirm, bukan makelar juga ya, soalnya masi belom independen Surprised

Setau gw sih kalo makelar yg bertanggung jawab ttp principalnya. Kalo komisioner, yng bertanggung jawab ke klien dia langsung (walaupun nggak menghilangkan hal dia utk sue principalnya setelah itu).
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Mon Aug 23, 2010 3:47 am

chen21 wrote:
yapthiamhien wrote:
mana polisi percaya... Lagian si penjual emang mau sukarela dateng ke polisi, bilang kalo barang yg dia jual ke elu bukan curian? Kalo dia ngeles/kabur?

terima kasih. berarti tidak ada cara supaya bisa tetap jual beli tapi kalau itu barang curian tidak dituduh sebagai penadah ya?

ada. pake penjualan di muka umum aja...hehehe
Back to top Go down
View user profile
1338BW
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 64
Join date : 2010-05-02

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Thu Aug 26, 2010 10:12 pm

gan nanya, gan nanya pasal 85 (5) UUPT itu sifatnya limitatif atau ga ya?
gw mau nanya, surat kuasa mutlak tetap berlaku gak utk rups kl pemegang sahamnya dateng?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Thu Aug 26, 2010 10:48 pm

Bukannya jelas di uupt kalo shareholder dateng kuasa mewakili ga berlaku? Gw sih demen kek gitu. Gw bikin aja kuasa mendampingi selaku penasehat hukum/advokat:p
Back to top Go down
View user profile
.
Retired
Retired


Posts : 2660
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Mon Aug 30, 2010 3:35 am

Guys, mau tanya dikit dong.....

jangka waktu pertanggung jawaban kontraktor terhadap bangunan kalo terjadi kesalahan berapa tahun ya? trus peraturan terkait ada dmn?

kontraktor boleh ngerjain desain gedung gak? kalo boleh peraturannya di mana?

kontraktor boleh merangkap sebagai konsultan gak?

thanks
Back to top Go down
View user profile http://lawyers.forumotion.net
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Mon Aug 30, 2010 4:25 am

Biasanya sih semua ada di kontraknya. Kalo tender biasanya ada di condition to the bidder. Kalo jd konsultan ga bolehlah. Dia pan ibaratnya yg supervise kontraktor, sesuai ga ma kontrak.

Its been a long time, gw mungkin salah karena otak gw dah aus. Etherized19 deh yg jago setau gw....
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Mon Aug 30, 2010 4:47 pm

^
pada prinsipnya bener si.. terms pastinya bebas diatur di kontrak...
klo yg soal hubungan konsultan-kontraktor mungki nada aturan di building codes..
si etherized dah disini belom si?
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Mon Aug 30, 2010 8:56 pm

Beowulf wrote:
Guys, mau tanya dikit dong.....

jangka waktu pertanggung jawaban kontraktor terhadap bangunan kalo terjadi kesalahan berapa tahun ya? trus peraturan terkait ada dmn?

kontraktor boleh ngerjain desain gedung gak? kalo boleh peraturannya di mana?

kontraktor boleh merangkap sebagai konsultan gak?

thanks

Udah cek UU jasa konstruksi blum? Seinget gw masalah ini ada di atur di UU konstruksi dan ppnya.
Back to top Go down
View user profile
kucingbakar
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 426
Join date : 2010-05-02
Location : hunting

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Mon Aug 30, 2010 10:46 pm

td baru liat2 : kontraktor tanggung jawabnya 10 taun maksimal sejak penyerahan akhir, dan harus kesalahan tsb harus dicek sama ahli.. vide ps.25 uu 18/1999
selebihnya masih dalam pencarian..Very Happy
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Tue Aug 31, 2010 2:05 am

maksimal apa minimal? jd ketentuan itu justru melindungi kontraktor ya...
Back to top Go down
View user profile
kucingbakar
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 426
Join date : 2010-05-02
Location : hunting

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Tue Aug 31, 2010 11:12 pm

kucingbakar wrote:
siang gan, mau nanya aja..
pernah denger 'obligasi yang difidusiakan' gak?? kalo saham kan gw pernah denger, kalo obligasi? apa sama sistemnya dg saham?? trengkyuuu...

sory gw sundul lg. ada yang tau info soal ini gak???
bukan penerbitan obligasinya yang dijaminkan dengan aset fidusia, namun OBLIGASINYA itu loh. gw sbg pemegang lg butuh duit, nah dijaminkan pke fidusia...
thx.. pale
Back to top Go down
View user profile
kucingbakar
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 426
Join date : 2010-05-02
Location : hunting

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Tue Aug 31, 2010 11:15 pm

deepoceanblue wrote:
maksimal apa minimal? jd ketentuan itu justru melindungi kontraktor ya...

paling lama 10taun.. ya berarti max 10taon sejak diserahkan.

di bag penjelasan : Cukup Jelas Very Happy
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Wed Sep 01, 2010 12:21 am

bangsat! gw baru sadar.... gw pernah beli uu jakon.... kemana tu buku yah? anjeng neh orang-orang... buku gw ilang muluk......
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Wed Sep 01, 2010 12:45 am

kucingbakar wrote:
kucingbakar wrote:
siang gan, mau nanya aja..
pernah denger 'obligasi yang difidusiakan' gak?? kalo saham kan gw pernah denger, kalo obligasi? apa sama sistemnya dg saham?? trengkyuuu...

sory gw sundul lg. ada yang tau info soal ini gak???
bukan penerbitan obligasinya yang dijaminkan dengan aset fidusia, namun OBLIGASINYA itu loh. gw sbg pemegang lg butuh duit, nah dijaminkan pke fidusia...
thx.. pale

Gw nggak tau kalo dr segi hukum fidusianya, tapi sekilas ini bukannya konsep sekuritisasi yah? kalo ini bisa dilariin ke sekuritisasi Coba liat PBI . Kalo nggak salah BI ada nerbitin peraturan masalah ini. CMIIW
Back to top Go down
View user profile
.
Retired
Retired


Posts : 2660
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Wed Sep 01, 2010 12:51 am

kodokgosong wrote:
kucingbakar wrote:
kucingbakar wrote:
siang gan, mau nanya aja..
pernah denger 'obligasi yang difidusiakan' gak?? kalo saham kan gw pernah denger, kalo obligasi? apa sama sistemnya dg saham?? trengkyuuu...

sory gw sundul lg. ada yang tau info soal ini gak???
bukan penerbitan obligasinya yang dijaminkan dengan aset fidusia, namun OBLIGASINYA itu loh. gw sbg pemegang lg butuh duit, nah dijaminkan pke fidusia...
thx.. pale

Gw nggak tau kalo dr segi hukum fidusianya, tapi sekilas ini bukannya konsep sekuritisasi yah? kalo ini bisa dilariin ke sekuritisasi Coba liat PBI . Kalo nggak salah BI ada nerbitin peraturan masalah ini. CMIIW

tambahan dikit juga, coba cek peraturan BAPEPAM-LK...atau kalo mau cepet ke BAPEPAM aje tanya-tanya, atau ke BEI..
Back to top Go down
View user profile http://lawyers.forumotion.net
.
Retired
Retired


Posts : 2660
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Wed Sep 01, 2010 12:52 am

@All,

Thank u buat jawabannya Smile
Back to top Go down
View user profile http://lawyers.forumotion.net
kucingbakar
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 426
Join date : 2010-05-02
Location : hunting

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Wed Sep 01, 2010 9:34 pm

@beowulf and kodokgosong
thanks bwt inpohnya.. ntar gw jg mw ke depkumham jg cari data..
makasi buanyak,he3 cyclops cyclops
Back to top Go down
View user profile
googling
Senior Legal Assistant


Posts : 153
Join date : 2010-05-11

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Mon Sep 06, 2010 8:36 pm

Beowulf wrote:
kodokgosong wrote:
kucingbakar wrote:
kucingbakar wrote:
siang gan, mau nanya aja..
pernah denger 'obligasi yang difidusiakan' gak?? kalo saham kan gw pernah denger, kalo obligasi? apa sama sistemnya dg saham?? trengkyuuu...

sory gw sundul lg. ada yang tau info soal ini gak???
bukan penerbitan obligasinya yang dijaminkan dengan aset fidusia, namun OBLIGASINYA itu loh. gw sbg pemegang lg butuh duit, nah dijaminkan pke fidusia...
thx.. pale

Gw nggak tau kalo dr segi hukum fidusianya, tapi sekilas ini bukannya konsep sekuritisasi yah? kalo ini bisa dilariin ke sekuritisasi Coba liat PBI . Kalo nggak salah BI ada nerbitin peraturan masalah ini. CMIIW

tambahan dikit juga, coba cek peraturan BAPEPAM-LK...atau kalo mau cepet ke BAPEPAM aje tanya-tanya, atau ke BEI..

Aside from Peraturan Bapepam, BI, dan sejenisnya. Menurut gw sih obligasi bisa difidusiakan. karena dia punya nilai, dan penjaminannya ngikut sesuai dengan bend bergerak, dan bergantung dia terdaftar ato gak.
kalo emang dia benda bergerak dan terdaftar, berarti ya penjaminnya ngikut seperti saham atas nama.
tapi seinget gw dia pemberitahuan ke bond issuer harus pake betekening karena tunduk pada 613 BW
IMHO, intinya jelas bisa difidusiakan lah bond itu.

kalo persyaratan lain di Bapepam ato BI sih bergantung juga ke si pemberi jaminan kan. dan mungkin harus dicheck juga siapa tau ada ketentuan pembatasan dari issuer
Back to top Go down
View user profile
kucingbakar
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 426
Join date : 2010-05-02
Location : hunting

PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Mon Sep 06, 2010 10:29 pm

googling wrote:
Beowulf wrote:
kodokgosong wrote:
kucingbakar wrote:
kucingbakar wrote:
siang gan, mau nanya aja..
pernah denger 'obligasi yang difidusiakan' gak?? kalo saham kan gw pernah denger, kalo obligasi? apa sama sistemnya dg saham?? trengkyuuu...

sory gw sundul lg. ada yang tau info soal ini gak???
bukan penerbitan obligasinya yang dijaminkan dengan aset fidusia, namun OBLIGASINYA itu loh. gw sbg pemegang lg butuh duit, nah dijaminkan pke fidusia...
thx.. pale

Gw nggak tau kalo dr segi hukum fidusianya, tapi sekilas ini bukannya konsep sekuritisasi yah? kalo ini bisa dilariin ke sekuritisasi Coba liat PBI . Kalo nggak salah BI ada nerbitin peraturan masalah ini. CMIIW

tambahan dikit juga, coba cek peraturan BAPEPAM-LK...atau kalo mau cepet ke BAPEPAM aje tanya-tanya, atau ke BEI..

Aside from Peraturan Bapepam, BI, dan sejenisnya. Menurut gw sih obligasi bisa difidusiakan. karena dia punya nilai, dan penjaminannya ngikut sesuai dengan bend bergerak, dan bergantung dia terdaftar ato gak.
kalo emang dia benda bergerak dan terdaftar, berarti ya penjaminnya ngikut seperti saham atas nama.
tapi seinget gw dia pemberitahuan ke bond issuer harus pake betekening karena tunduk pada 613 BW
IMHO, intinya jelas bisa difidusiakan lah bond itu.

kalo persyaratan lain di Bapepam ato BI sih bergantung juga ke si pemberi jaminan kan. dan mungkin harus dicheck juga siapa tau ada ketentuan pembatasan dari issuer

thankyu gan.. masukan yang baik, nanti g cek ricek lg.. pirat
Back to top Go down
View user profile
biji_menggumpal
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 40
Join date : 2010-04-30

PostSubject: tanya mengenai kilang minyak (oil refinery)   Tue Sep 14, 2010 10:43 pm

Suhu-suhu...
numpang tanya, perseroan asing dapatkan menanamkan modalnya pada jenis investasi kilang minyak (oil refinery)

Gw sudah mengecek PP 36 tahun 2010 berserta lampirannya, namun tidak terdapat kilang minyak (oil refinery) ini masuk ke dalam jenis sektor bisnis yang mana, dan gw tidak menemukan batas investasi badan hukum dapat melakukan investasi pada kilang minyak (oil refinery)

mohon bantuannya
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...   Today at 1:12 am

Back to top Go down
 
Room Tanya Jawab Hukum Bisnis...
View previous topic View next topic Back to top 
Page 6 of 16Go to page : Previous  1 ... 5, 6, 7 ... 11 ... 16  Next
 Similar topics
-
» Evening Definition - 23/6/2011 - Boiler Room
» Room to the left
» FORD - Re-enters Sri Lanka as a subsidiary of Softlogic
» Galadari Hotel and WTC successfully complete combined car parking project
» East West ropes in Marriott for Weligama resort

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: