Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Pengaturan Bunga

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Pengaturan Bunga   Mon Jul 30, 2012 10:15 pm

Kalau misalnya dalam suatu agreement pinjaman tidak diatur mengenai bunga, perlakuannya seperti apa?

kalau nda salah otomoatis kena bungan berdasarkan BW 11%. tapi gw ga inget pasti mengacu ke pasal berapa. ada yan tau?
Back to top Go down
View user profile
Xenogene
Member of the Year 2012
Member of the Year 2012


Posts : 232
Join date : 2012-04-01

PostSubject: Re: Pengaturan Bunga   Mon Jul 30, 2012 10:37 pm

Ketentuan KUHPErdata kan ketentuan yg menambah, jadi klo tidak diperjanjikan secara tertulis oleh para pihak dlm perjanjiannya, maka otomatis akan diisi menurut ketentuan bunga berdasarkan UU (KUHPerdata)
berdasarkan yg gw tau sih 6%, bukan 11%..coba baca pasal 1767-1768 KUHPerdata deh, sapa tau bisa membantu
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pengaturan Bunga   Mon Jul 30, 2012 11:10 pm

owh... 6 yak? nuhun...
Back to top Go down
View user profile
jakasembung@law
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 143
Join date : 2010-10-04

PostSubject: Re: Pengaturan Bunga   Tue Aug 07, 2012 1:50 am

bane wrote:
Kalau misalnya dalam suatu agreement pinjaman tidak diatur mengenai bunga, perlakuannya seperti apa?

kalau nda salah otomoatis kena bungan berdasarkan BW 11%. tapi gw ga inget pasti mengacu ke pasal berapa. ada yan tau?

prosentase atau besaran bunga nya kali om yang ngak dicantumin jelas, sedangkan kewajiban membayar bunganya ada diatur. kalu gak diatur kewajiban membayar bunga.. gue ngak mau bayar om bane.
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pengaturan Bunga   Tue Aug 07, 2012 1:59 am

ga pake bunga bakalan ribet sama pajak lo.....
Back to top Go down
View user profile
jakasembung@law
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 143
Join date : 2010-10-04

PostSubject: Re: Pengaturan Bunga   Tue Aug 07, 2012 5:49 am

soal pajak gue gak paham om, pajak penghasilan atau apa om?

kalu penghasilan gimana kalu gue bikin cicilan gede aja om, terus ngutang lagi deh yang GEDE kayak salah satu Group yang jago MENDANDANI UTANG
Back to top Go down
View user profile
bulukumba
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 30
Join date : 2010-06-23

PostSubject: Re: Pengaturan Bunga   Tue Sep 11, 2012 5:29 am

Xenogene wrote:
Ketentuan KUHPErdata kan ketentuan yg menambah, jadi klo tidak diperjanjikan secara tertulis oleh para pihak dlm perjanjiannya, maka otomatis akan diisi menurut ketentuan bunga berdasarkan UU (KUHPerdata)
berdasarkan yg gw tau sih 6%, bukan 11%..coba baca pasal 1767-1768 KUHPerdata deh, sapa tau bisa membantu
namanya bunga moratorium yah?
klo uu yg di lembaran negara 1848 no.22 itu apa yah?
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Pengaturan Bunga   Today at 5:14 am

Back to top Go down
 
Pengaturan Bunga
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: