Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 gadai - fidusia saham

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: gadai - fidusia saham   Thu Sep 13, 2012 6:46 pm

gadai saham gw ngerti, kalau fidusia saham gimana ya? apa bedanya?
Back to top Go down
View user profile
erobi
Partner
Partner


Posts : 641
Join date : 2012-02-20
Location : Jakarta

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Fri Sep 14, 2012 12:14 am

gue belum pernah denger malahan fidusia saham.. hmm. coba gue tanya anak GNR dulu.
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Fri Sep 14, 2012 1:48 am

idem. emang ada yah fidusia saham?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Fri Sep 14, 2012 2:01 am

pasal 60 uupt. kalo misalnya udah diubah ni pasal tolong kasi tau yak....
Back to top Go down
View user profile
ardyjabar
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 112
Join date : 2011-02-21
Location : bandung

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Mon Sep 24, 2012 1:33 am

surat sahamnya tetep disimpin sama pemegang saham, ga diserahin ke kreditur, cmiw
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Mon Sep 24, 2012 3:36 am

saham ama surat saham beda lo....
Back to top Go down
View user profile
FBI
Senior Legal Assistant


Posts : 180
Join date : 2010-05-05
Age : 32
Location : Jakarta

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Thu Nov 08, 2012 9:08 pm

tpi kalo ngeliat dri pengertian fidusia itu sendiri sehrusnya saham bisa difidusiakan yak ??

nah bukti kepemilikan saham itu sendiri apa om ???

klo mobil khan BPKB ...
Back to top Go down
View user profile http://lawyers.forumotion.net
garpit
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 1
Join date : 2012-11-22

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Thu Nov 22, 2012 12:01 pm

IMHO, nubie kalau boleh menjawab kebingungan.

Bukti kepemilikan saham adalah pencatatan di DPS. Untuk menjawab ini harus diklasifikasikan dulu saham termasuk kedalam benda apa berdasarkan BW. setau ane benda tidak berwujud dan terdaftar (karena semua saham harus atas nama. UUPT 2007 tidak mengenal adanya saham atas bawa). Surat saham atau biasanya sertifikat kolektif saham tidak membuktikan adanya kepemilikan saham.

logikanya: berdasarkan UUPT hanya pemilik yang dapat melaksanakan hak atas saham (dividen, suara dalam RUPS, dsb). UUPT juga mengatakan hanya yang namanya tercatat dalam DPS yang bisa melaksanakan hak atas saham. -- maap2 kalo salah. namanya juga nubie rabbit rabbit

Dalam praktek gadai saham, asli sertifikat saham diserahkan kepada kreditur.

Fidusia saham, secara teori bisa, tapi dalam praktek tidak ada (atau at least jarang dari pengalaman ane belum pernah ada) karena adanya konsep "pengalihan kepemilikan" (walaupun secara fidusia) kepada penerima jaminan.

dalam gadai saham, tidak ada penyerahan kepemilikan jadi pemberi gadai masih dapat mendapatkan hak atas saham milikinya. kalau difidusia ada kebingungan karena konsep pengalihan kepemilikan tersebut. sekarang kalau sahamnya di fidusia, pemberi fidusia (pemilik awal saham) masih bisa menggunakan hak atas sahamnya? kembali lagi masih ada perdebatan karena UUPT mengatakan hanya pemilik yang bisa menggunakan hak atas sahamnya. karena itu dalam praktek tidak ada debitur yang mau kasih fidusia saham..


Maap2 kalau kacau yah.. maklum namanya juga masih nubie. Very Happy Very Happy Very Happy

Back to top Go down
View user profile
bangbung76
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 56
Join date : 2010-07-11

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Thu Nov 29, 2012 3:30 am

bukannya kebalik ya, kalo gadai malah efektifnya ketika penguasaan barang gadai diserahkan ke pemberi gadai, so si pledgor kagak bisa nikmatin manfaat atas barang gadai ie. saham. sementara, kalo fidusia, si pemberi jaminan masih bisa memanfaatkan barang jaminan, karena pada awalnya dulu, fidusia adalah modifikasi dari gadai, dimana para pemilik pabrik merasa keberatan dengan gadai, kaena doi tidak bisa memanfaatkan equipmentnya, jadi volksraad memutuskan adanya lembaga fidusia, sebagai pelengkap dari gadai.

cmiiw
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Thu Nov 29, 2012 3:57 am

fidusia kan dari notaris gila yang ngurusin penjaminan pabrik heineken....
Back to top Go down
View user profile
bangbung76
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 56
Join date : 2010-07-11

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Thu Nov 29, 2012 4:03 am

hehehehe...ini ane cerita sojaroh nya fidusia di blande sono...tau dari ceramahnya suhu master J satrio
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Thu Nov 29, 2012 4:10 pm

biasanya doi sebelum cerita pake prolog anehnya sistem jaminan dimana jaminan dikuasai pemberi jaminan.... What a Face
Back to top Go down
View user profile
bangbung76
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 56
Join date : 2010-07-11

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Fri Nov 30, 2012 2:30 am

iya, kok lo tau?? Question

gw cuman sekali ikut kuliah / workshop nya dia, terkesima gw, kayanya belum ada pengajar yg selepel beliau utk perdata... angkatan2 sepuh dah banyak yang berguguran, skrg ahli perdata yang bisa bhasa belanda juga jarang, el el em yang pergi blanda ngambilnya kebanyakan hukum bisnis clown mending ke uph aja kalo hukum bisnis mah, atau ke unas ... kita butuh legal scholar buat perdata ni, bisnis lau mah udah banyak

eh maap, jadi nglantur...
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Fri Nov 30, 2012 4:54 am

alfred tumbuan, yahya harahap, sapa lagi yak? si egg kali apal tuh...
Back to top Go down
View user profile
bangbung76
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 56
Join date : 2010-07-11

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Fri Nov 30, 2012 7:24 am

alfred tumbuan hmmm...ngga dapet feelnya gw, galak bener kalo ngajar, yahya harahap pinter nulis kali ya, tapi kalo bicara kurang. IMHO yak
Back to top Go down
View user profile
FBI
Senior Legal Assistant


Posts : 180
Join date : 2010-05-05
Age : 32
Location : Jakarta

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Wed Dec 05, 2012 9:58 pm

bane wrote:
fidusia kan dari notaris gila yang ngurusin penjaminan pabrik heineken....

kayaknya gw kenal nich postingan kayak gini ..... dari forum sebelah juga ...
Back to top Go down
View user profile http://lawyers.forumotion.net
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Thu Dec 06, 2012 12:00 am

semua temen gw juga tau kok. si bangbung pun tau. itu bagian dari cerita prolog satrio What a Face
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: gadai - fidusia saham   Today at 1:27 pm

Back to top Go down
 
gadai - fidusia saham
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: