Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
Marissa
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 7
Join date : 2010-06-30

PostSubject: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Wed Jun 30, 2010 10:57 pm

Dear all,

niat saya dlm membuat thread ini adalah hanya membantu teman saya yang sedang kesusahan.

langsung aja yaa..

Pamannya ditemukan tidak bernyawa setelah kurang lebih 4hari menghilang. dengan kondisinya sangat mengenaskan. lehernya digorok, kepalanya pecah, daun telinganya ada yg hilang..

kalau melihat seperti ini kondisinya, maka keluarganya berkesimpulan bahwa beliau dibunuh. setelah kurleb 2 bulan berlalu, kasus ini tiba-tiba minta ditutup oleh istri dan POLISI.. padahal pembunuhnya belum tertangkap.

sebagai info saja, beliau tidak pernah ada masalah di pekerjaan atau dengan teman2 sekerjanya. yang diketahui oleh keluarga, masalah beliau adalah dengan istrinya. sepertinya perselingkuhan. ada yang aneh dari gelagat istrinya sebelum dan sesudah beliau meninggal. sebelum meninggal, uang di rekening almarhum di kuras oleh istrinya. uang tersebut adalah uang pesangon dan bonus atas pensiun dini dr almarhum. lebih aneh lagi, istrinya sepertinya tidak seperti istri yang baru ditinggal mati oleh suami. karena masih sempat ikutan senam, ganti handphone dll..
ini membuat keluarga dr pihak almarhum semakin curiga dengan gelagat aneh istrinya.

setelah kejadian ini berlangsung, istrinya bolak balik diantar jemput oleh bapak2 polisi yang katanya utk dokumentasi masalah pembunuhan ini. sejak itulah istri dan polisi sepertinya kompak ingin menutup perkara ini.

pertanyaan saya................

apakah keluarga almarhum masih punya hak untuk melanjutkan perkara sampai pembunuh tertangkap ?? atau tidak bisa apa-apa karena yg minta ditutup adalah POLISI dan istrinya ???..


mohon bantuannya yaaaaaa para jagoan ilmu hukum...

regards,

MRS

Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Wed Jun 30, 2010 11:12 pm

ditutup dalam artian apa nih? sp3? atao dianggurin?

lu lapor ke kompolnas aja kali yee... tapi diacara talkshow yg di tipi, biar diurusin, bikan diarsipin...


yg bunuh begok, bukannya dibuat "bunuh diri" soal cara tinggal baca detektip conan beres....
Back to top Go down
View user profile
Marissa
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 7
Join date : 2010-06-30

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Wed Jun 30, 2010 11:16 pm

yapthiamhien wrote:
ditutup dalam artian apa nih? sp3? atao dianggurin?

lu lapor ke kompolnas aja kali yee... tapi diacara talkshow yg di tipi, biar diurusin, bikan diarsipin...


yg bunuh begok, bukannya dibuat "bunuh diri" soal cara tinggal baca detektip conan beres....

di peti es-kan bro... hmm... apa perlu dibawa ke kick andy ya ??
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Thu Jul 01, 2010 12:03 am

ini di duga kuat pembunuhan kan? emang bisa istri dan atau pihak keluarga minta dihentikan?

udah dapet liat berkas penyidikan n laporan hasil forensik?
Back to top Go down
View user profile
Marissa
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 7
Join date : 2010-06-30

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Thu Jul 01, 2010 12:40 am

bozchan wrote:
ini di duga kuat pembunuhan kan? emang bisa istri dan atau pihak keluarga minta dihentikan?

udah dapet liat berkas penyidikan n laporan hasil forensik?


sudah ada surat hasil forensiknya... tapi pihak keluarga belum puas dg keterangan itu.. bisa kan ya diulang ??
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Thu Jul 01, 2010 5:02 am

belum puas maksud nya?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Thu Jul 01, 2010 5:06 am

keluarga pengen si istri terbukti sebagai pembunuh dan dihukum mati. gitu kan?
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Thu Jul 01, 2010 7:56 am

Marissa wrote:
bozchan wrote:
ini di duga kuat pembunuhan kan? emang bisa istri dan atau pihak keluarga minta dihentikan?

udah dapet liat berkas penyidikan n laporan hasil forensik?


sudah ada surat hasil forensiknya... tapi pihak keluarga belum puas dg keterangan itu.. bisa kan ya diulang ??

maksudnya lu mau di otopsi ulang?
Back to top Go down
View user profile
Marissa
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 7
Join date : 2010-06-30

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Thu Jul 01, 2010 10:28 pm

yapthiamhien wrote:
keluarga pengen si istri terbukti sebagai pembunuh dan dihukum mati. gitu kan?


tidak ada dendam buta kok pak.. hanya ingin keadilan dan hukum ditegakkan.. semua yg terlibat harus diseret ke meja hijau..... pihak keluarga hanya ingin pembunuhnya tertangkap dan dihukum setimpal dg kejahatannya.. kalo ternyata terbukti istrinya terlibat, keluarga hanya bisa bilang... "sudah kami duga" ...


Back to top Go down
View user profile
Marissa
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 7
Join date : 2010-06-30

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Thu Jul 01, 2010 10:30 pm

bozchan wrote:
belum puas maksud nya?

iya.. jelas belum puas.. karena, pembunuhnya belum tertangkap, tapi kasusnya mau ditutup... keluarganya jelas tidak terima..
Back to top Go down
View user profile
Marissa
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 7
Join date : 2010-06-30

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Thu Jul 01, 2010 10:31 pm

deepoceanblue wrote:
Marissa wrote:
bozchan wrote:
ini di duga kuat pembunuhan kan? emang bisa istri dan atau pihak keluarga minta dihentikan?

udah dapet liat berkas penyidikan n laporan hasil forensik?


sudah ada surat hasil forensiknya... tapi pihak keluarga belum puas dg keterangan itu.. bisa kan ya diulang ??

maksudnya lu mau di otopsi ulang?

kalo perlu di otopsi ulang pak... yang pasti, pihak keluarga ingin pembunuh yang masih berkeliaran disana, diseret ke meja hijau dan dpt dihukum setimpal dg kejahatannya...
Back to top Go down
View user profile
Vedder
Partner
Partner


Posts : 1109
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Thu Jul 01, 2010 11:36 pm

Sekarang lg ngetrend advokasi non legal pake media. Kalo emang ceritanya compelling enough, coba aja hubungin detik.com atau media2 ngetop lainnya (kalo perlu bikin FB group). Kemarin ada kasus pemerkosaan oleh oknum polisi di Sumut lgs jadi perhatian nasional gara2 ceritanya masuk detik. Sekarang udah di propam dan polisinya terancam di pecat dulu padahal kasusnya udah sempet tenggelam bbrp bulan. Not exactly legal solution, tapi bisa dipertimbangkan kalo tujuannya maksa polisi utk re-open the case pake public pressure.

Tapi inget, akan ada waktunya that you have to let go kalo semuanya nggak berhasil. Jangan sampe jadi stress yg berlebihan dan nimbulin masalah baru.

Good luck and so sorry for the lost.
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Fri Jul 02, 2010 12:41 am

sudah kuduga... mo bahasa diperhalus kek gimana juga, otak gw udah 100 langkah didepan lo.

teserah lo dah. males gw mikir kalo kek gini. apapun bukti yang ada, ga aakan berenti sampe si istri dihukum mati didepan regu tembak, semua dengan alasan "keadilan"




keadilan kiss my ass.....
Back to top Go down
View user profile
Pisang_Goreng
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 8
Join date : 2010-06-24

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Fri Jul 02, 2010 2:11 am


kalo perlu di otopsi ulang pak... yang pasti, pihak keluarga ingin pembunuh yang masih berkeliaran disana, diseret ke meja hijau dan dpt dihukum setimpal dg kejahatannya...[/quote]

sebelumnya udah pernah minta penjelasan dari pihak istri kenapa ingin kasus ini ditutup?alasan penyidik mo nutup ap?itu kan delik umum jadi seharusnya pihak kepolisian tidak bisa begitu saja bilang case closed.,
bener juragan yg diatas bilang.,u bisa laporin ke kompolnas tow sebarin info ke media atas tindakan pihak kepolisian.,

semoga berhasil.,
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Fri Jul 02, 2010 3:41 am

yapthiamhien wrote:
sudah kuduga... mo bahasa diperhalus kek gimana juga, otak gw udah 100 langkah didepan lo.

teserah lo dah. males gw mikir kalo kek gini. apapun bukti yang ada, ga aakan berenti sampe si istri dihukum mati didepan regu tembak, semua dengan alasan "keadilan"

keadilan kiss my ass.....

bruakakakkaka awalnya gw ngira dia beneran pihak ketiga, tapi nampaknya bisa jadi dia pihak keluarga itu sendiri..... Twisted Evil

@TS:
kesalahan lu disini berdasarkan runutan cerita lu, lu udah "nuduh" si istri..... wajar sih krn lu sebagai pihak yang kehilangan tp ini gak bener+gak baik, bisa2 lu di tuntut balik kalo lu gak punya bukti yang kuat..... si istri juga pny hak,presumption of innocent!

makanya dari awal gw nanya" lu udah dapat atau baca berkas penyelidikan+hasil otopsi?"

gini deh, untuk minta terus /mengusut terus kasus itu sampai tuntas adalah hak siapa saja, bukan hak keluarga almarhum saja, krn ini perkara pidana. Harus terus diperjuasngkan, masih jauh dari akhir. Cobalah menyurat ke instansi2 yg berhubungn dgn atasan2 polisi/Kapolri, atau seperti yang udah di sarankan rekan2 di atas, ungkapkan semua KECURIGAAN, tapi jangan MENUDUH, gunakan bahasa patut diduga dsb.
Cari advokat yg baik untuk membantu. Jangan biarkan polisi yang hendak menutup kasus ini. gw nggak percaya kalau polisi berani menutup. Kasus ini tidak mungkin di SP3, lha tersangkanya saja belum ditemukan.
Visum dari dokter forensik, hanya dapat memastikan penyebab kematian tidak bisa menentukan tersangkanya.

banyak kasus pembunuhan yang ternyata dilakukan oleh orang terdekat......
Good luck, be strong go forward,move a head!
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Fri Jul 02, 2010 3:41 am

yapthiamhien wrote:
sudah kuduga... mo bahasa diperhalus kek gimana juga, otak gw udah 100 langkah didepan lo.

teserah lo dah. males gw mikir kalo kek gini. apapun bukti yang ada, ga aakan berenti sampe si istri dihukum mati didepan regu tembak, semua dengan alasan "keadilan"

keadilan kiss my ass.....

bruakakakkaka awalnya gw ngira dia beneran pihak ketiga, tapi nampaknya bisa jadi dia pihak keluarga itu sendiri..... Twisted Evil

@TS:
kesalahan lu disini berdasarkan runutan cerita lu, lu udah "nuduh" si istri..... wajar sih krn lu sebagai pihak yang kehilangan tp ini gak bener+gak baik, bisa2 lu di tuntut balik kalo lu gak punya bukti yang kuat..... si istri juga pny hak,presumption of innocent!

makanya dari awal gw nanya" lu udah dapat atau baca berkas penyelidikan+hasil otopsi?"

gini deh, untuk minta terus /mengusut terus kasus itu sampai tuntas adalah hak siapa saja, bukan hak keluarga almarhum saja, krn ini perkara pidana. Harus terus diperjuasngkan, masih jauh dari akhir. Cobalah menyurat ke instansi2 yg berhubungn dgn atasan2 polisi/Kapolri, atau seperti yang udah di sarankan rekan2 di atas, ungkapkan semua KECURIGAAN, tapi jangan MENUDUH, gunakan bahasa patut diduga dsb.
Cari advokat yg baik untuk membantu. Jangan biarkan polisi yang hendak menutup kasus ini. gw nggak percaya kalau polisi berani menutup. Kasus ini tidak mungkin di SP3, lha tersangkanya saja belum ditemukan.
Visum dari dokter forensik, hanya dapat memastikan penyebab kematian tidak bisa menentukan tersangkanya.

banyak kasus pembunuhan yang ternyata dilakukan oleh orang terdekat......
Good luck, be strong go forward,move a head!
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Fri Jul 02, 2010 3:49 am

tambahan: pelajari dulu laporan visum dari dokter forensik, pikir lagi sebelum minta otopsi ulang, ituh mayat udah berbulan2 yang lalu kan? udah dikubur?
Back to top Go down
View user profile
Marissa
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 7
Join date : 2010-06-30

PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Fri Jul 02, 2010 4:24 am

bozchan wrote:
yapthiamhien wrote:
sudah kuduga... mo bahasa diperhalus kek gimana juga, otak gw udah 100 langkah didepan lo.

teserah lo dah. males gw mikir kalo kek gini. apapun bukti yang ada, ga aakan berenti sampe si istri dihukum mati didepan regu tembak, semua dengan alasan "keadilan"

keadilan kiss my ass.....

bruakakakkaka awalnya gw ngira dia beneran pihak ketiga, tapi nampaknya bisa jadi dia pihak keluarga itu sendiri..... Twisted Evil

@TS:
kesalahan lu disini berdasarkan runutan cerita lu, lu udah "nuduh" si istri..... wajar sih krn lu sebagai pihak yang kehilangan tp ini gak bener+gak baik, bisa2 lu di tuntut balik kalo lu gak punya bukti yang kuat..... si istri juga pny hak,presumption of innocent!

makanya dari awal gw nanya" lu udah dapat atau baca berkas penyelidikan+hasil otopsi?"

gini deh, untuk minta terus /mengusut terus kasus itu sampai tuntas adalah hak siapa saja, bukan hak keluarga almarhum saja, krn ini perkara pidana. Harus terus diperjuasngkan, masih jauh dari akhir. Cobalah menyurat ke instansi2 yg berhubungn dgn atasan2 polisi/Kapolri, atau seperti yang udah di sarankan rekan2 di atas, ungkapkan semua KECURIGAAN, tapi jangan MENUDUH, gunakan bahasa patut diduga dsb.
Cari advokat yg baik untuk membantu. Jangan biarkan polisi yang hendak menutup kasus ini. gw nggak percaya kalau polisi berani menutup. Kasus ini tidak mungkin di SP3, lha tersangkanya saja belum ditemukan.
Visum dari dokter forensik, hanya dapat memastikan penyebab kematian tidak bisa menentukan tersangkanya.

banyak kasus pembunuhan yang ternyata dilakukan oleh orang terdekat......
Good luck, be strong go forward,move a head!

@bozchan, terima kasih sudah kasih saran... noted !

terus terang aja... gw ga kenal ma istri n almarhum... gw hanya di ceritain.. mungkin bener jg.. dia cerita berdasarkan emosi krn rasa kehilangan.. karena diktrnya yg ada hanya intranet... makanya dia ga bs curhat di forum para ahli hukum..

akhirnya minta gw yg cerita skaligus cari solusi ke forum2 hukum.. kali aja ada yg bs kasih saran... gw tinggal perpanjang lidah ajah..

masalah menuduh... itu sih berdasarkan cerita keluarga yg domisilinya terdekat dengan korban.. sekali lagi.. memang sepertinya ini memang melibatkan emosi.. waktu gw konfirm ke dia apakah pernah diblow up masalah tuduhan ke istri korban.. dia bilang TIDAK PERNAH.. ini hanya pembicaraan antar keluarga ajah..
gw ga mau gali lebih dalam krn itu masalah keluarga mereka.. lagian gw takut juga..

sorry ya teman2... pengetahuan gw hanya sebatas itu saja tentang masalah ini.. gw jg ga tau berapa lama meninggalnya... runutan kejadian sebelumnya bagaimana.. isi dari laporan hasil forensiknya kaya apa.. jadi kalo minta rincian secara lengkap, tunggu temen gw kirim rincian secara tertulis dulu..

kalo masalah istrinya di dor di depan regu tembak... emngnya hukum untuk pembunuhan bisa seperti itu yaa ???.. baru tau.. ryan sang penjagal yg udah bunuh byk orang aja blon di dor juga ampe skg...

semua yang tertera disini, mau gw copypaste ke email... nanti mo gw kasih ke temen gw.. biar dia nanti yg bergerak.. karena gw ga ada hak juga untuk bergerak lebih dari ini..

untuk cerita ke media seperti detik.com atau kompas.com.. kayana jangan gw deh.. biar dia ajah... soalnya gw ga tau kejadiannya secara detail.. nanti malah jadi fitnah, gw dituntut... panjang deh urusannya....

@yapthiamhien <-- tidak apa2 pak jika tidak mau bantu.. itu hak bapak kok Smile thx atensinya..

niat gw hanya mo cari pencerahan dan seperti apa hukum pidana yang berlaku untuk masalah ini..... cumn mo bantuin aja.. kasian juga sih ma temen gw.. udah kehilangan keluarga secara tragis, polisi sepertinya ga peduli...



Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?   Today at 2:50 pm

Back to top Go down
 
Pembunuhan .. Ada yang bisa bantu ?
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: