Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Guarantor Indonesia Menikah di Singapura

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
derpette
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 7
Join date : 2012-07-30
Location : Jakarta

PostSubject: Guarantor Indonesia Menikah di Singapura   Sun Oct 21, 2012 9:38 pm

Dear senior dan teman teman, saya ada tugas dari kampus nih.
Begini:
Suami (WNI) dan istri (WN Singapore) terdaftar menikah di Singapore, lalu Suami menjadi Guarantor di Indonesia. apakah pada saat bertransaksi suami harus meminta persetujuan dari istri?
Note: Dalam perkwinan tidak ada perjanjian pra nikah.

Mohon bantuannya ya para senior dan teman teman sekalian.. Terima kasih semuanyaa..
Back to top Go down
View user profile
Xenogene
Member of the Year 2012
Member of the Year 2012


Posts : 232
Join date : 2012-04-01

PostSubject: Re: Guarantor Indonesia Menikah di Singapura   Mon Oct 22, 2012 3:06 am

Tugas mata kuliah apaan nih? Hkm. Internasional?
Mereka menikah berdasarkan Hukum apa? Hukum Indonesia atau Hukum Singapore? Apakah setahun ketika si suami ke Indonesia, surat bukti perkawinan mereka udah di daftarin ke Kantor Pencatatan Perkawinan di Indonesia? Maksud dari terdaftar di Singapore apa ya? Terdaftar di KBRI yang di Singapore? informasi dari soal banyak yang perlu digali lg tuh

Gw nggak tau Hukum Singapore itu mengatur tentang adanya spousal consent apa nggak dan apakah UU pernikahan Singapore bertentangan dengan hukum Indonesia apa nggak. Tapi kalau mereka menikah berdasarkan Hukum Indonesia sih, ketika tidak dibuatnya prenuptial agreement, maka harus ada spousal consent. Coba lo baca di Pasal 35-36 UU nomor 1 tahun 1974 tentang Perkimpoian, sapa tau bisa lo pake jadi argumen. Sekedar tambahan, lo tambahin berdasarkan asas2 Hukum Internasional jg bagaimana aturannya.
Back to top Go down
View user profile
 
Guarantor Indonesia Menikah di Singapura
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» Haycarb PLC plans capacity expansions in Indonesia, India
» Breaking: Indonesia Lifts Tsunami Warning Following 7.3-Magnitude Quake
» LIOC to explore Myanmar, Indonesia for lube exports
» Iraq, Indonesia to sign Memorandum of Understanding on Thursday
» Abadi: determined to activate the pension system reform and the guarantor

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: