Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 WARTISAN YANG BELUM DI BAGIKAN

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
widiastuti
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 3
Join date : 2012-11-24
Age : 51
Location : denpasar, BAli

PostSubject: WARISA YANG BELUM DI BAGI   Sat Nov 24, 2012 11:15 pm

Permisi Gan....ane pendatang baru nih..butuh masukan saran atawa solusi terbaik dari agan-agan yang ada di forum ini..
begini ceritanya gan,

kami 9 bersaudara(ane bontot),usia ane 2thn lagi Insya Allah 50thn,kebayangkan berape usia kk kk ane..
orang tua kami sudah habis sejak thun 1988 gan,trus ninggalin warisan sepetak tanah dan bangunan yg sampe detik ini belum dibagikan.
sekarang tuh warisan yg nempatin kk ane yg no 4 beserta kelg nya,udah puluhan tahun, dia ga cuma nempatin..tapi juga menyewakan kamar(kyk kost gitu deh gan) plus sebagian dibuat warung sembako...

nah sekarang ane butuh dana buat beli rumah gan, buat kehidupan ane deh,secara ane divorce..tapi menurut kk tertua, klo rumah dijual trus duitnye di bagikan, kk no 4 kagak bisa beli rumah lagi.
menurut ane, ini alasan konyol..betul kagak gan ?
menurut ane secara islam tuh warisan pan kudu di bagi berdasarkan hak hak masing masing...
secara gan,yg belum punya rumah cuma ane sama yg no 4 ini...oh iya gan,warisan itu udah di balik nama ke nama kk ane no 7..krna waktu itu dia yg urus..

secara kekeluargaan ane udah mohon ke kk kk ane utk segera dibagikan,masalah kk no 4 ga bisa beli rumah karna ga cukup duitnya,kita bisa urun rembuk,secara kite 9 bersodare gityu..,tapi kayaknya ane di cuekin nih gan.

gan,kalo Fait Fait nye ane kudu nuntut,carenye kayak apa gan..tuh surat tuntutan ber alamat kemane ,hukum nye hukum ape trus pake pengacare ape ..secara ane kagak ngarti nih...tolongin ane ye gan.. makasih sebelum nye..
Back to top Go down
View user profile
nak_ajuz
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 149
Join date : 2011-11-26

PostSubject: Re: WARTISAN YANG BELUM DI BAGIKAN   Sun Nov 25, 2012 12:46 am

pak/bu.. dari cerita di atas yg bisa saya kasih masukan/saran adalah:
1. mungkin bukan nuntut bahasanya tp permohonan penetapan pembagian harta waris ke pengadilan.
2. ditujukan ke pengadilan agama kalau pak/bu beragama Islam atau ditujukan ke pengadilan negeri kalau beragama non Islam.
3. utk masalah hukum waris, di Indonesia belum terbentuk unifikasi hukum sebagai satu2nya dasar hukum, jd ada pilihan hukum yg dapat dijadikan opsi, yaitu Kompilasi Hukum Islam, KUHPerdata dan hukum waris adat yg masih bnyak diterapkan. hal ini berkaitan dengan ke pengadilan mana pak/bu akan mengajukan permohonan tersebut.
4. utk pernyataan pakai pengacara apa, tentu lebih baik memilih pengacara yg punya spesialisasi di bidang litigasi khususnya yg sering menangani masalah pembagian harta waris. dan menurut saya di forum ini, banyak ada pengacara yg bisa handle masalah ini.
5. and the last but not the least, saya sarankan sebelum pak/bu memilih menyelesaikan permasalahan tersebut melalui pengadilan, alangkah lebih baik jika berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan permasalahan tsb secara kekeluargaan. karena jika semua ahli waris telah setuju maka akan mudah mengeksekusi terhadap objek waris tsb dan kecil kemungkinan utk ada perlawanan dan/atau menemui hambatan dikemudian hari.
penyelesaian melalui pengadilan adalah opsi terakhir jika penyelesaian secara kekeluargaan memang sudah menemui jalan buntu.
demikian, sedikit gambaran saya secara hukum untuk masalah yg pak/bu hadapi, semoga sedikit membantu.
Back to top Go down
View user profile
PIKOLO
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 126
Join date : 2012-02-08

PostSubject: Re: WARTISAN YANG BELUM DI BAGIKAN   Sun Nov 25, 2012 6:55 am

banyak amat lu bersaudara ?

gw liat dri cerita lu. keluarga kmu hidup rukun, bener ga? jagan sampe keluarga lo itu hanciur gara2 sepetak tanah n bangunan doang. meneurut gw, gw GA AKAN NYARANIN LO NGAMBIL LANGKAH HUKUM APALAGI PAKE PENGACARA, please selesaikan ini dgn baik2, rumahnya kan buat kos2 an tuh nh itu hasilnya dibagi2 aje, karn kalau mpe di jual yang itu untuk kepentingan lu sendiri kasian kaka no 4 lu, gw ga kebayang kalau dia mpe tersinggung dah,...

selesaikan dgn kekeluargaaan, janagn mau terjebak ma hukum positif, selesaikan dgn kepala dingin gan...itu dr gw hehe salam damai
Back to top Go down
View user profile
widiastuti
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 3
Join date : 2012-11-24
Age : 51
Location : denpasar, BAli

PostSubject: Re: WARTISAN YANG BELUM DI BAGIKAN   Tue Nov 27, 2012 1:00 am

tengkyu so mas..matur suwon..hatur nuhun..arigato go saimas..atas segala masukan nya... jujur ane agak sedikit tenang dengan bisa berkonsul ria sama agan agan..

(nak_ajuz)
oh begitu ya gan, coba deh ane datang ke PA setempat..
semoga bisa dapat penerangan lebih jelas lagi..jujur ane kagak mau ribut2..ane mau baik2..mengingat kami ini udah pada tuwir..
ane udah berusaha adakan konsolidasi tapi belum di respon..dan menurut para ahli agame warisan yg belum terbagikan bisa jadi beban yg meninggal..kakak ane 4 orang udah haji,harus nya faham dgn hal ini..
terima kasih ya gan masukan nya.

(PIKOLO)
iye gan,sodare ane banyak..
jujur klo kite kompak asyik banget tuh gan,sayang nya kita cuma saling menghormati doang sekedar mengakui kite bersodare..terutame ame kk no 1 orang nye kaku en kurang bijak..mungkin karna merasa dia berhasil dgn jerih payah dia sendiri.. jadi biar sodare ade yg susah ya cuek bebek aje..

Gan,hasil yg didapat dari rumah warisan yg sebagian di kos2 in sama kk ane yg no.4,ya di makan dia sendiri lah..
die itu udah nempatin,dapat hasil,eh kagak inget itu rumah siape..ya klo dia jadi tersinggung,harus nya malu ati lah.. kudunye kan dia nyadar itu rumah warisan..
pada dasare ane cuma mau jatah ane aja kok gan,soale hidup ane susah en sangat butuh banget..begitu gan..
any way..terima kasih ya gan atas saran en perhatian ente..
Back to top Go down
View user profile
erobi
Partner
Partner


Posts : 641
Join date : 2012-02-20
Location : Jakarta

PostSubject: Re: WARTISAN YANG BELUM DI BAGIKAN   Thu Nov 29, 2012 2:08 am

agama lo apaan bos? kalo Islam minta aja penetapan waris ke Pengadilan Agama.
Back to top Go down
View user profile
widiastuti
Legal Assistant
Legal Assistant


Posts : 3
Join date : 2012-11-24
Age : 51
Location : denpasar, BAli

PostSubject: Re: WARTISAN YANG BELUM DI BAGIKAN   Thu Dec 06, 2012 12:35 am

Ass.ww...
Salam sejahterah buat semua..
Terima kasih atas segala saran dan masukan yg diberikan...
Setelah semua saran dan masukan ane turutin ,berikut hasil yang bisa ane kabarin :

1.keputusan dari kk ane yg no 1,2,4 dan 7..
A.Rumah kagak mau di jual karna kk yg no 4 kagak bisa beli rumah lagi dari hasil
pembagian.
B.Rumah mau di jadikan tempat persinggahan kelg.

2.ada beberapa sikap yg diambil dari kk ane yg lain,al ;
A.kk ane yg no 3 & 6 tidak setuju,tapi gak bisa buat apa2.
B.kk ane yg no 5 & 8 pilih diam,terserah gimana baiknya.

jujur ane sangat bingung Gan,ane single parent punya anak 3 (cewe semua,2 kuliah 1 masih SD),betul ane selama ini dibantu kk no 6 & 8..but its have limits,right ?

melihat keputusan tersebut,harusnya kluarin aja jatah/hak ane..just info,kk ane no 1,2,6,8 its very rich..no 3,5,7 dan 4 tergolong mapan..so sebtulnya ga ada masalah...ini betul2 gak adil dan penuh muatan sentimen...kk no 4 enak aja nempatin rumah,dpat uang dari bisnis rumah(liat cerita awal di atas).. Astagfrlh..
Honest i"m ashamed to tell you about not good our relations..tapi lebih2 lagi ,ane kagak mgkin cerita ke temen ane,biar sama sohib sekalian.. its embarrassing..

Gan,ane mohon saran dan masukan lagi ya...
1.salah gak,klo ane limpahin masalah ini ke pengadilan..?
2.ane kagak punya duit buat mulai,bisa gak ya biaya pengadilan dibayar belakangan ?
3.sertfkt rumah sudah diganti nama,sama nama kk ane yg no 7,ini bakal jadi masalah gak ya ?

Gan.sekian dulu..sebelum dan sudah nya ,ane ucapin terima kasih banyak..
wasallam..
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: WARTISAN YANG BELUM DI BAGIKAN   Today at 1:21 pm

Back to top Go down
 
WARTISAN YANG BELUM DI BAGIKAN
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: