Komunitas Praktisi, Intelektual Hukum Indonesia Tersaji Apik & Menarik
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Prenupt - Harta - Waris

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3  Next
AuthorMessage
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 2:16 am

sori2x sibuk mampus hari ini, sampe kagak sempet lunch Embarassed
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 2:20 am

yapthiamhien wrote:
bozchan wrote:

1. iye, kl klien si istri arahin ke hukum nasional, pisahin dulu harta, harta laki yg ditinggal mati,separo bwt istri sisanya sesuaikan ama jumlah anak.kalo klien si anak, eng ing eng.....

2. iya

3. kagak ada,pan pake pure prenupt,

kalem.. kalem.... kenapa ada yg nomer 1? pan pure prenupt? ga ada harta bersama dong? piye iki?

cash money, org berumah tangga pasti ada kan,,,
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 2:27 am

yapthiamhien wrote:
bozchan wrote:
pinolo wrote:
bozchan wrote:
dalam hal pisah krn cere, berlaku lah prenupt
dalam hal pisah krn mati, back to BW....

org yg mati tanpa wasiat, pasangan tetep punya hak waris, krn disini terdapat perbedaan definisi antara sifat kepemilikan harta terpisah dengan peralihan hak krn kematian.

yup...well said... Smile

bozchan wrote:
@pino: ngapain menyatakan melepas hak waris dalam prenupt, selain tidak lazim dalam praktek yg sudah ada, justru menghilangkan esensi dari prenupt itu sendiri.... in case she/or he is our partner Smile

bang, bukan masalah ngapain juga...tidak lazim bukan berarti tidak mungkin juga kan bang??

cheers

hahahhaha......

iye juga sih mungkin,

sekalian nanya deh mumpung lagi didiskusiin, kalo istri mati, suami ngejual tanah yg sertifikat nya atas nama istri, trs si suami juga mati, punya anak adopsi (ada ketetapan pengadilan), ahli waris nya siapa aja?

dalam hal pembeli tanah tadi pgn balik nama sertifikat tanah, ke siapa pembeli tanah harus meminta pernyataan persetujuan? (sama kagak yha opini gw sm rekan2 dimari)

kalo istri mati, suami ngejual tanah yg sertifikat nya atas nama istri,

cut sini dulu. mana bisa kejadian?


pinolo wrote:

pake keterangan waris yg mentioned dia ahli waris istri, trus jual? bisa kan bang?

di desa2x masih banyak kejadian tuh, without mentioned ahli waris....
case ini terjadi sm keluarga temen lama gw di desa, keluarga temen gw sebagai pembeli tanah,,,,,
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 2:35 am

pake hukum adat ajalah..... la wong konflik juag seleseinnya pake itu. kalo paksain bw malah pusing ndiri tar....
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 2:37 am

yapthiamhien wrote:
berarti penjual adalah ahli waris si istri pan? ini AJB atao PPJB+kuasa jual nih?

PPAT emang mao bikin AJB dimana penjualnya ga konkrit?

============= back to issue

kalo anak angkatnya legal, dia jadi ahli waris juga toh? jadi ahliwaris suami+anak angkat bukan?

============ back to tanah

si pembeli mo menta persetujuan apaan?

waktu jual beli di bawah tangan kasusnye kagak lewat PPAT, (org desa gitu loh)
ahli waris tinggal anak, suami juga udah mati,

pembeli mo ngedaftarin tanah lwt notaris (in casu suami udah mati), trus keluarga dari suami (adik, kakak,dll) ngerecokin, kata notaris kudu atas persetujuan keluarga dari pihak suami (nah ini yg masih gw heran)



pinolo wrote:


back to issues (suami-istri punya anak angkat yang sah, kemudian istri meninggal)

ahli warisnya kan anak angkat+istri???
kalo jual beli pake keterangan waris, ga perlu kuasa jual kan?? (imho, kuasa jual baru perlu kl si anak angkat mmberi kuasa ke si suami).



istri dulu yg meninggal, trus si suami..... kebalik Laughing
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 2:41 am

nah lo, jual beli tanah ga pek ppat emang bisa? makanya, gw bilang mah pake hukum adat aja biar ga ribet kek gini.....:p
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 2:41 am

yapthiamhien wrote:
sertipikat udah dibalik nama lom? (didaftarkan....)

yapthiamhien wrote:
ho oh.... trus titik pertanyaannya jadi apa dong? budel waris? bukannya udah lewat....

1. belon.... masih mau ngedaftarin by notaris
2. belon juga, hahahahhaha.....
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 2:48 am

yapthiamhien wrote:
nah lo, jual beli tanah ga pek ppat emang bisa? makanya, gw bilang mah pake hukum adat aja biar ga ribet kek gini.....:p

bukanya essensi+naturalia perjanjian adalah "sepakat"?
in casu parapihak tidak ngerti ttg PPAT

keluarga si suami kagak bisa di ajak musyawarah, coz merasa berhak atas warisan tp kagak dapet, dalam kasus gini ahli waris nya siapa aja sih? hahahahha muter balik ke awal lagi nih...
Back to top Go down
View user profile
pinolo
Senior Legal Assistant


Posts : 244
Join date : 2010-04-29
Location : In a Box full of LEGO bricks

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 2:54 am

bozchan wrote:
yapthiamhien wrote:
nah lo, jual beli tanah ga pek ppat emang bisa? makanya, gw bilang mah pake hukum adat aja biar ga ribet kek gini.....:p

bukanya essensi+naturalia perjanjian adalah "sepakat"?
in casu parapihak tidak ngerti ttg PPAT

keluarga si suami kagak bisa di ajak musyawarah, coz merasa berhak atas warisan tp kagak dapet, dalam kasus gini ahli waris nya siapa aja sih? hahahahha muter balik ke awal lagi nih...

iyaa sepakat...tapi dilakukan di hadapan PPAT?? itu perintah undang-undang deh....
Back to top Go down
View user profile
pinolo
Senior Legal Assistant


Posts : 244
Join date : 2010-04-29
Location : In a Box full of LEGO bricks

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 2:57 am

bozchan wrote:
yapthiamhien wrote:
nah lo, jual beli tanah ga pek ppat emang bisa? makanya, gw bilang mah pake hukum adat aja biar ga ribet kek gini.....:p

bukanya essensi+naturalia perjanjian adalah "sepakat"?
in casu parapihak tidak ngerti ttg PPAT

keluarga si suami kagak bisa di ajak musyawarah, coz merasa berhak atas warisan tp kagak dapet, dalam kasus gini ahli waris nya siapa aja sih? hahahahha muter balik ke awal lagi nih...

dalem kasus kayak gitu:

1. kondisi dimana istri meninggal:

assuming si anak angkat emang udah punya penetapan dr PN,, dia kan dianggep anak yang ada pada saat perkawinan..jadi dia anak sah...brangkat dari sini, ahli waris adalah si suami dan anak angkat.

2. kondisi dimana kemudian suami meninggal:
karena anak itu menutup hak waris keluarga sedarah...maka ahli waris anak??

Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 3:01 am

pinolo wrote:

iyaa sepakat...tapi dilakukan di hadapan PPAT?? itu perintah undang-undang deh....

bozchan wrote:


bukanya essensi+naturalia perjanjian adalah "sepakat"?
in casu parapihak tidak ngerti ttg PPAT

Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 3:04 am

pinolo wrote:

dalem kasus kayak gitu:

1. kondisi dimana istri meninggal:

assuming si anak angkat emang udah punya penetapan dr PN,, dia kan dianggep anak yang ada pada saat perkawinan..jadi dia anak sah...brangkat dari sini, ahli waris adalah si suami dan anak angkat.

2. kondisi dimana kemudian suami meninggal:
karena anak itu menutup hak waris keluarga sedarah...maka ahli waris anak??


1. agree

2. yakin?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 3:13 am

masalahnya itu normatif undang-undang om....
Back to top Go down
View user profile
pinolo
Senior Legal Assistant


Posts : 244
Join date : 2010-04-29
Location : In a Box full of LEGO bricks

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 3:22 am

bozchan wrote:
pinolo wrote:

dalem kasus kayak gitu:

1. kondisi dimana istri meninggal:

assuming si anak angkat emang udah punya penetapan dr PN,, dia kan dianggep anak yang ada pada saat perkawinan..jadi dia anak sah...brangkat dari sini, ahli waris adalah si suami dan anak angkat.

2. kondisi dimana kemudian suami meninggal:
karena anak itu menutup hak waris keluarga sedarah...maka ahli waris anak??


1. agree

2. yakin?

Yakin?? sure!! ada di BW oom...sodara itu baru boleh waris kalo ga ada keturunan.

lagipula, gw kayaknya baru nangkep...

intinya, si sodara dari suami yg meninggal itu, critanya nuntut warisan kan?? trus nge-trace jauh ke belakang, sampe ke pelaksanaan jual beli itu??

Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 4:31 am

bentar.... bentar... ini mereka menundukkan diri ke BW gak?

bisa berlaku hukum islam atau hukum adat loh..... hukum indonesia tuh rasis, membedakan pribumi, eropa dan timur asing. kalo orang kampung kudu hati-hati, siapa tau malah pake hukum adat. dan tidak ada penundukan erhadap BW.....
Back to top Go down
View user profile
pinolo
Senior Legal Assistant


Posts : 244
Join date : 2010-04-29
Location : In a Box full of LEGO bricks

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 5:06 am

yapthiamhien wrote:
bentar.... bentar... ini mereka menundukkan diri ke BW gak?

bisa berlaku hukum islam atau hukum adat loh..... hukum indonesia tuh rasis, membedakan pribumi, eropa dan timur asing. kalo orang kampung kudu hati-hati, siapa tau malah pake hukum adat. dan tidak ada penundukan erhadap BW.....

asumsinya kan kalo dia menundukkan diri ke BW...

kalo pake hkm adat, sarannya bang yap kepake bgt tuh... ==>
yapthiamhien wrote:
pake hukum adat ajalah..... la wong konflik juag seleseinnya pake itu. kalo paksain bw malah pusing ndiri tar....
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 6:06 am

yapthiamhien wrote:
masalahnya itu normatif undang-undang om....

iya ngarti, tapi masih banyak loh di kampung yg jual beli tanah tanpa perantara PPAT,gmn ntuh?

pinolo wrote:


Yakin?? sure!! ada di BW oom...sodara itu baru boleh waris kalo ga ada keturunan.

lagipula, gw kayaknya baru nangkep...

intinya, si sodara dari suami yg meninggal itu, critanya nuntut warisan kan?? trus nge-trace jauh ke belakang, sampe ke pelaksanaan jual beli itu??

hehehehe...
point of view gw malah gmn caranya pembeli tanah itu bisa ngedaftarin tanah tsb?
kok malah sm notaris nya dibilangin harus minta persetujuan sodara pihak suami, waktu dateng ke keluarga suami, keluarga tsb tidak mau.

yapthiamhien wrote:
bentar.... bentar... ini mereka menundukkan diri ke BW gak?

bisa berlaku hukum islam atau hukum adat loh..... hukum indonesia tuh rasis, membedakan pribumi, eropa dan timur asing. kalo orang kampung kudu hati-hati, siapa tau malah pake hukum adat. dan tidak ada penundukan erhadap BW.....

bukannya pembedaan golongan itu udah gak berlaku yak?
dianggep aja tunduk ke hukum nasional, kalo tunduk ke KHI and/or hukum adat pan pertanyaan nya kagak spt di atas bos...
Back to top Go down
View user profile
pinolo
Senior Legal Assistant


Posts : 244
Join date : 2010-04-29
Location : In a Box full of LEGO bricks

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 7:33 am

bozchan wrote:
pinolo wrote:
bozchan wrote:
dalam hal pisah krn cere, berlaku lah prenupt
dalam hal pisah krn mati, back to BW....

org yg mati tanpa wasiat, pasangan tetep punya hak waris, krn disini terdapat perbedaan definisi antara sifat kepemilikan harta terpisah dengan peralihan hak krn kematian.

yup...well said... Smile

bozchan wrote:
@pino: ngapain menyatakan melepas hak waris dalam prenupt, selain tidak lazim dalam praktek yg sudah ada, justru menghilangkan esensi dari prenupt itu sendiri.... in case she/or he is our partner Smile

bang, bukan masalah ngapain juga...tidak lazim bukan berarti tidak mungkin juga kan bang??

cheers

hahahhaha......

iye juga sih mungkin,

sekalian nanya deh mumpung lagi didiskusiin, kalo istri mati, suami ngejual tanah yg sertifikat nya atas nama istri, trs si suami juga mati, punya anak adopsi (ada ketetapan pengadilan), ahli waris nya siapa aja?

dalam hal pembeli tanah tadi pgn balik nama sertifikat tanah, ke siapa pembeli tanah harus meminta pernyataan persetujuan? (sama kagak yha opini gw sm rekan2 dimari)

hmmhhh...

sebelum tambah jauh,,si anak angkat n/or suami itu tunduk kmana??agamanya apa??
kalo islam ada kompetensi absolut yg ga bisa disimpangin....

eniwei, notarisnya alasannya apa nolak??
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 7:51 am

^
agama islam,
si suani dah mati pan,
katanya si notaris musti minta persetujuan keluarga pihak suami,
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Thu Sep 30, 2010 7:45 pm

makin pusing gw..... coba paparkan lagi kronologis masalahnya disini...
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Fri Oct 01, 2010 12:56 pm

males nyari berkas nya, seinget gw aja yhe

1. A dan B Suami istri, punya anak angkat C
2. B mati, A ngejual tanah (sertifikat atas nama B) kepada X
3. A Mati (A pny sodara kandung A1,A2)
4. X pengen ndaftarin tanah, sm notaris dibilangin baru bisa terbit sertifikat baru atas nama X kalo udah ada pernyataan dari C,A1,A2
5. udah di nego tapi A1 dan A2 tetep kagak mau ngasih pernyataan
Back to top Go down
View user profile
nomnomnomnom
Partner
Partner


Posts : 2132
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Fri Oct 01, 2010 5:17 pm

lah, klo pas A jual itu sebelom A meninggal, A1 n A2 kan belom punya hak waris ke tanah itu?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Fri Oct 01, 2010 9:20 pm

yak. setuju ama deep. tapi gw ngerti banget alasan notaris menta persetujuan A1, dan A2. dia maen aman. takut digugat ama si A1 dan A2, yang merasa tanah bagian dari hak mereka.
Back to top Go down
View user profile
bozchan
Junior Associate
Junior Associate


Posts : 420
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Sat Oct 02, 2010 2:20 am

hmm.... iya2x.... solusinya cari notaris laen yak?


coba di kembangkan,
kalo misalnya pasutri tsb pake prenupt, jadi A1 & A2 ganti B1 & B2,
trus si C awalnya kagak punya surat adopsi anak dari pengadilan, jual beli taon 1997,
X mo ngedaftarin tanah taon 2008, si C baru ngurus surat adopsi taon 2008 (asumsi setelah A & B mati).

ahli waris sah nya siapa?
surat adopsi C sah kagak?
Back to top Go down
View user profile
bane
Darth
Darth


Posts : 3573
Join date : 2010-04-28

PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Sat Oct 02, 2010 7:17 am

pusing gw.... lu bikin lagi dah kronologisnya. kalo lu bikin kronologis langsung ketauan kok jawabannya... hehehe
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Prenupt - Harta - Waris   Today at 5:15 am

Back to top Go down
 
Prenupt - Harta - Waris
View previous topic View next topic Back to top 
Page 2 of 3Go to page : Previous  1, 2, 3  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Warung Hukum  :: Lounge :: Ask the Lawyers-
Jump to: